Connect with us

Hukum

Polisi Nyamar Jadi Pasien, Tarif Dokter Cina Ilegal 10 Juta Sekali Berobat

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Polda Metro Jaya mengungkap praktik kedokteran ilegal yang telah berlangsung selama tiga bulan di Utama Klinik Cahaya Mentari, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam pengungkapan kasus ini, dua orang pelaku yakni dr. LS, WNA asal China yang tak miliki ijin praktek kedokteran dan juga A, sang pemilik klinik.

Kanit 4 Sumdaling Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Imran Gultom mengatakan pengungkapan kasus ini bermula dari adanya laporan masyarakat mengenai praktik kedokteran ilegal di Klinik Cahaya Mentari.

Menindaklanjuti laporan itu, Unit IV Subdit III Sumdaling Dit Reskrimsus PMJ kemudian melakukan penyelidikan dengan menyamar menjadi pasien guna memastikan benar tidaknya laporan yang diterima.

“Awalnya petugas datang ke Klinik Utama Cahaya Mentari dan mendaftarkan diri sebagai pasien di bagian resepsionis,” kata Irman Gultom di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020).

Kemudian, pihak klinik membuatkan kartu pendaftaran dan memeriksa denyut nadi petugas yang menyamar tersebut.

Dalam aksi penyamaran itu, petugas yang menyamar menjadi pasien dikenai biaya Rp 10 ribu rupiah sebagai uang pendaftaran.

Lebih lanjut, petugas yang menyamar tersebut mengaku menderita penyakit THT mengingat menurut laporan masyarakat, dr. LS ahli mengobati pasien yang sakit THT.

“Begitu masuk (ruang pemeriksaan), petugas bertemu dokter yang merupakan warga negara China. Itu diketahui dari bahasa yang digunakan dan pada saat menjelaskan tentang penyakit, dokter itu menggunakan penerjemah,” tutur Irman Gultom.

Usai berobat, petugas yang menyamar diminta membayarkan Rp 10 juta untuk dilakukan penyuntikan guna menyembuhkan penyakit yang diderita karena menurut diagnosa, petugas tersebut sakit sinus.

“Namun petugas kami yang menyamar tidak menyanggupi permintaan tersebut. Akhirnya petugas kami hanya meminta obat untuk diminum,” ujarnya.

Kemudian, petugas tersebut pulang dan melapor bahwa benar praktik kedokteran ilegal yang melibatkan seorang dokter asal China telah berlangsung di Klinik Utama Cahaya Mentari.

Kemudian, pada tanggal 13 Januari lalu, Subdit III Sumdaling Dit Reskrimusus Polda Metro Jaya mendatangi klinik Cahaya Mentari dan menemukan Dr. LS sedang mengobati pasiennya.

“Pada saa itu pula kami meringkus sang dokter dan sang pemilik klinik,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, para tersangka ini akan dikenakan Pasal 78 Jo Pasal 72 ayat (3) dan/atau Pasal 75 ayat (3) Jo Pasal 32 ayat (1) dan/atau Pasal 76 ayat Jo Pasal 36 dan/atau Pasal 77 Jo Pasal 73 ayat (1) UU No. 29 tahun 2004 tentang praktik kedokteran dengan ancaman 15 tahun penjara. (fir)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

TNI AL Amankan 11 Kg Sabu dan 63 Ribu Pil Ekstasi di Perairan Meranti

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Hukum

Polisi Segera Lakukan Gelar Perkara Kasus Siwi Widi Purwanti

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Hukum

Polisi Dalami Keterlibatan Artis Lain Terkait Penangkapan Aulia Farhan

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending