Connect with us

Headline

Selesaikan Kemelut LPP TVRI, DPR akan Panggil Dewas Selasa

Published

on

foto: ist/net

 

Realitarakyat.com – Komisi I DPR, akan kembali memanggil Dewan Pengawas (Dewas) TVRI untuk mengklarifikasi pembelaan yang disampaikan Helmy Yahya, pada Selasa mendatang.

Pemanggilan tersebut, terkait kisruh yang terjadi di internal LPP TVRI yang dinilai sudah menjurus ke ranah politik. Padahal, sesungguhnya hal itu mudah diselesaikan bila saja masing-masing pihak fokus pada persoalan yang dihadapi.

Demikian dikemukakan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Willy Aditya, dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

“Kalau sudah mengerahkan massa untuk menyegel kantor, keliling mencari dukungan tokoh dan politisi, ini malah semakin memperkeruh persoalan,” kata Willy.

Bila persoalan ini dibawa ke ranah politis, kata dia, maka masalah tersebut tidak selesai dan layanan publik malah semakin dirugikan.

“Tidak elok menggunakan cara-cara politis untuk menyelesaikan permasalahan internal seperti yang dihadapi LPP TVRI, karena hanya membuat ramai,” katanya.

sebagai lembaga pelaksana aturan, kata Willy, TVRI harusnya menjadi contoh ketaatan terhadap peraturan yang ada, dan mengeskalasi kasus TVRI menjadi politis akan berdampak buruk terhadap kelangsungan TVRI sebagai lembaga publik.

“Ini yang harus dihindari, direksinya sibuk mengeskalasi pemberhentiannya menjadi seolah-olah politis karena hanya akan memicu dewan pengawas juga mengambil langkah yang serupa,” katanya.

“Kalau itu yang terjadi, hasilnya akan ada kubu-kubuan di dalam LPP TVRI, dan itu tidak sehat untuk melayani publik,” katanya menambahkan.

Willy menjelaskan, Komisi I DPR telah melaksanakan rapat dengan Dewan Pengawas dan Direktur TVRI sebelumnya untuk mendengarkan penjelasan masing-masing pihak.

Dia mengingatkan bahwa LPP TVRI bukan seperti televisi swasta, Dewan Pengawas punya kewenangan menilai kepatuhan Direksi dalam melaksanakan fungsi dan tugas LPP TVRI sebagaimana amanat peraturan dan perundang-undangan.

“Dalam struktur LPP TVRI, Dewan Pengawas ini adalah representasi negara yang memiliki kewenangan menentukan arah TVRI dan menetapkan siapa yang akan memimpin program sebagai Lembaga Penyiaran Publik,” katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, seharusnya direksi TVRI patuh ketika diminta untuk menjelaskan perkembangan TVRI dan permasalahan yang menurut Dewan Pengawas dianggap penting. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Ketua DPR: Agar Tak Ada Kegaduhan, RUU Omnibus Law Harus Diendapkan

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

BMKG Prediksi Hujan Lebat Akan Guyur Beberapa Daerah Sampai Akhir Maret

Published

on

Continue Reading

Headline

Presiden Jokowi Apresiasi Langkah Hakim MA Lakukan Reformasi Peradilan

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending