Connect with us

Headline

Pernyataan Tegas Jokowi Soal Natuna Patut Diapresiasi

Published

on

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Pernyataan tegas Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Rapat Terbatas Senin (6/1/2020), bahwa masalah Natuna Utara tidak ada tawar menawar, patut diapresiasi. Hal itu mengingat paling tidak ada tiga pesan didalamnya.

“Pertama bila berkaitan dengan masalah kedaulatan dan hak berdaulat negara, maka tidak akan ada satu hal pun yang membuat pemerintah mundur sejengkal,” kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Selasa (7/1/2020).

Sedangkan hal kedua menurutnya adalah pemerintah telah konsisten menjalankan kebijakan menjaga kedaulatan dan hak berdaulat, dari waktu ke waktu. Kebijakan ini dapat dirumuskan sebagai semua negara adalah sahabat, sampai titik kepentingan Indonesia diganggu.

“Indonesia akan menghadapinya dengan tetap menjaga persahabatan. Terakhir pemerintah konsisten tidak menganggap adanya klaim Sembilan Garis Putus China dan klaim hak berdaulat atas perairan dari garis tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, untuk ke depan diharapkan siapapun presiden maupun menteri yang menjabat akan konsisten dengan kebijakan ‘tidak ada tawar menawar’ bila menghadapi masalah klaim kedaulatan dan hak berdaulat oleh negara tetangga. Karena harus dipahami, klaim sepihak oleh China atas hak berdaulatnya yang memasuki ZEE Natuna Utara tidak akan pernah berakhir.

“Tidak akan ada solusi permanen agar China menghentikan klaimnya. Layaknya di Indonesia, pemerintah dan rakyat China akan terus melakukan klaim sampai akhir zaman,” tandasnya.[sas]

 

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

DPR

Ketua BURT: Tidak Ada Kebakaran di DPR

Published

on

Continue Reading

Headline

World Dream Lepas Jangkar di Kepulauan Bintan, 188 Awak Indonesia Dipulangkan

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Massa 212 Minta Koruptor Digantung di Monas

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending