Connect with us

Kesehatan

Peringati Hari Ibu, RS MMC Gelar Diskusi Kanker Payudara

Published

on

Realitarakyat.com – RS Metropolitan Medical Center (MMC) Jakarta, menyambut hari ibu yang akan diperingati besok Minggu, dengan memberikan edukasi kepada para wanita untuk lebih memahami penyakit kanker payudara.

Gathering Smart Pink Peduli Kanker Payudara tersebut kali ini mengambil tema ‘Kemoterapi Pada Kanker Payudara Apakah Harus Diberikan?” digelar Sabtu (21/12/2019) menghadirkan dokter spesialis Onkologi, dr Farida Briani Sobri SpB KOnk.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan Maumere Dance, doorprice, dan bazaar yang bertempat di Auditorium Soerjo, The H Tower RS MMC Jakarta.

Dalam beberapa kesempatan diskusi mengenai pengobatan kanker payudara, dr Farida senantiasa mengingatkan bahwa kemoterapi bukan satu-satunya terapi bagi penyintas kanker payudara.

Dia menyebut terapi target merupakan pengobatan yang lebih efektif. Terapi sistemik kanker payudara ini menurut penelitian yang telah melalui empat tahap uji klinis paling banyak memperlihatkan keuntungan bagi pasien. Sayangnya terapi target atau Trastuzumab terkendala harga obat yang mahal. Apalagi saat ini BPJS sudah tidak meng-cover pemakaian obat ini.

Beberapa waktu lalu muncul publikasi yang mengkritisi pemakaian terapi ini bahkan menyatakan Trastuzumab tidak ada indikasi medisnya. Menyikapi publikasi ini Dr Farida Briani tak sependapat.

“Padahal jelas-jelas uji klinisnya sudah dalam standar internasional dengan ribuan orang, sementara kita begitu saja menerima penelitian yang hanya 120 orang,” kata Dr Farida.

Dia menegaskan, Trastuzumab merupakan terapi target. Telah banyak penelitian berskala internasional yang memperlihatkan efek positif pada pasien setelah terapi target. Keuntungan lain dari Trastuzumab adalah efek samping yang lebih ringan.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

RS Hasan Sadikin Siap Tampung Pasien Suspek Infeksi Corona

Published

on

Continue Reading

Hukum

Polisi Nyamar Jadi Pasien, Tarif Dokter Cina Ilegal 10 Juta Sekali Berobat

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Daerah

Pantau Aktivitas, Pemkab Matim Bakal Pasang CCTV di Setiap Puskesmas

Published

on

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas. (Foto: Ist)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending