Connect with us

Ragam

Anggaran UN akan Dialokasikan untuk Instrumen Pendidikan Lainnya

Published

on

Ilustrasi. (Net)

Realitarakyat.com – Alokasi anggaran penyelenggaraan Ujian Nasional ke instrumen pendidikan lain, akan dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jika UN jadi dihapus. Adapun total anggaran yang pemerintah gelontorkan dalam setiap penyelenggaraan UN, mencapai ratusan miliar rupiah.

“Nanti kan UN tidak ada lagi atau diganti lebih ke arah asesmen. Biaya ratusan miliar yang selama ini dialokasikan, dialihkan untuk membangun infrastruktur pendidikan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga di Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Hal itu dikatakannya saat menjadi narasumber diskusi bertajuk Merdeka Belajar Merdeka UN. Salah satu pengembangan infrastruktur adalah memperbaiki sekolah-sekolah.

“Anggaran penyelenggaraan UN juga bisa dialokasikan untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru Indonesia. Yaitu melalui program pengembangan. Pasalnya, tolak ukur kemajuan sistem pendidikan sebuah negara sangat bergantung pada kualitas para tenaga pendidiknya,” ujar dia.

Dikatakan, salah satu variabel kemajuan pendidikan disyaratkan oleh guru yang qualified dan kompeten. “Efisiensi anggaran tersebut juga akan dialokasikan kepada hal yang sangat urgent,” tandasnya.

Sebagai informasi, Kemendikbud telah menetapkan empat pokok kebijakan bidang pendidikan nasional melalui program Merdeka Belajar. Salah satunya menghapus sistem UN mulai 2021 mendatang dan mengubahnya menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

Mastur: Besaran Biaya PTSL di Rembang Masih Jadi Polemik

Published

on

Continue Reading

Ragam

PKS Tolak Penarikan Subsidi Gas 3 Kg

Published

on

Continue Reading

Ragam

Prabowo Minta Prajurit TNI dan Polri Tenang Respon Dugaan Korupsi ASABRI

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending