Connect with us

Nasional

Rusak Mental Siswa, IGI Dukung Penghapusan UN

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Ikatan Guru Indonesia menyambut baik rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) pada 2021 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Apalagi, tak jarang UN digunakan oleh pimpinan daerah untuk membangun pencitraan.

“Sehingga, mereka menggunakan segala macam cara agar nilai ujian di wilayah yang dipimpinnya bagus. Tak heran bila segala jenis kecurangan dilakukan,” kata Ketua Umum IGI Muhammad Ramli Rahim, Rabu (11/12/2019).

Hal itu tidak terlepas dari keingina untuk memburu nilai yang bagus dan malu bila daerah yang dipimpinnya memperoleh angka yang rendah. Apalagi bila kepala daerah sampai dianggap gagal dalam hal pendidikan.

“Padahal, nilainya memang tidak bagus-bagus amat. Yang jelas, hal itu merusak mentalitas dan karakter siswa. Oleh karena itu, UN memang sudah seharusnya dihapuskan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ramli menduga ada sejumlah pihak yag tidak senang dengan penghapusan UN. Antara lain penyelenggara bimbingan belajar dan seluruh pihak yang terlibat dalam UN.

“Selama ini mereka mendapat uang dengan adanya UN dan tiba-tiba hilang. Anggaran UN pada tahun lalu sebesar Rp 210 miliar. Kalau tiba-tiba UN dihapuskan, tentu banyak yang tidak senang,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Teten Tantang Pelaku Usaha Ikut Seleksi Rekrutmen Jabatan Tinggi di Kemenkop

Published

on

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (foto: sugandi/realitarakyat.com)
Continue Reading

Headline

Selesaikan Kemelut LPP TVRI, DPR akan Panggil Dewas Selasa

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Jokowi Pastikan Tak Akan Kampanye Menangkan Gibran

Published

on

foto: ist/net/tribunnews.com
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending