Connect with us

Nasional

Putusan MK Soal Pencalonan Eks Koruptor Jadi Kado istimewa

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Meskipun tidak mengakomodir semua permohonan yang diajukan, namun Putusan Mahkamah Konstitusi atas Uji Materi Pasal Pencalonan Mantan Napi di Pilkada (Putusan No. 56/PUU-XVII/2019), namun hal itu menjadi kado istimewa. Khususnya dalam suasana peringatan hari antikorupsi internasional (9 Desember 2019) dan Hak Asasi Manusia internasional (10 Desember 2019).

“Putusan MK ini sekaligus menegaskan sikap MK terhadap perannya dalam menjaga demokrasi yang konstitusional dan berintegritas,” kata Fadli Ramadhanil dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dalam keterangan tertulis yang diterima realita rakyat, Rabu (11/12/2019).

Kedepan pihaknya berharap Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah benar-benar bisa menghadirkan calon yang bersih dan antikorupsi. Sehingga bisa berkonsentrasi membangun daerah secara maksimal, dengan perspektif pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Selain itu, kami juga berharap ada langkah ekstra yang dilakukan KPU pascaputusan MK hari ini, dalam melakukan pengaturan teknis pelaksanaan pilkada. Sehingga, pemilih bisa maksimal mendapatkan informasi atas rekam jejak calon,” ujarnya.

Khususnya berkaitan dengan masalah hukum yang pernah dihadapi calon. Termasuk pula pengaturan teknis yang kongkrit untuk menghindarkan pemilih dari memilih figur-figur yang bermasalah hukum.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Teten Tantang Pelaku Usaha Ikut Seleksi Rekrutmen Jabatan Tinggi di Kemenkop

Published

on

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (foto: sugandi/realitarakyat.com)
Continue Reading

Headline

Selesaikan Kemelut LPP TVRI, DPR akan Panggil Dewas Selasa

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Jokowi Pastikan Tak Akan Kampanye Menangkan Gibran

Published

on

foto: ist/net/tribunnews.com
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending