Connect with us

Nasional

Bawaslu Bisa Tuntaskan Sengketa Pemilu Melalui Metode Unik Ini

Published

on

Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja. (foto: ist/net)

Realitarakyat.com – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Rahmat Bagja membeberkan, metode penyelesaian sengketa kepemiluan yang dimiliki oleh pihaknya yaitu mediasi.

Menurut Bagja metode ini salah satu yang unik nan efektif guna menyelesaikan sengketa kepemiluan.

Alasan Bagja menyebut penyelesaian dengan metode mediasi sebagai cara unik lantaran tidak banyak negara yang melakukan cara ini untuk menyelesaikan permasalahan. Selain itu, dia juga mengungkapkan, metode ini lebih baik dalam melindungi hak politik tanpa meningkatkan potensi konflik antara penggugat dan tergugat.

“Jika ada konflik dalam proses pemilu yang tidak lewat pengadilan adminsitrasi, Bawaslu berharap sebagian besar konflik berakhir mediasi. Hal ini dalam mewujudkan keadilan karena kita tidak mau prosesnya bertele-tele,” kata Bagja dalam keterangan persnya yang diterima Realitarakyat.com, Rabu (11/12/2019).

Bagja menilai, mediasi masih dapat dikatakan cukup efektif untuk menuntaskan perkara pemilu. Dia mengatakan, sebanyak 51% sengketa pemilu yang masuk diselesaikan melalui mediasi.

“Efektifvitasnya mediasi akan terus meningkat karena menurut saya mediasi menjadi salah satu cara terbaik menyeleksaikan permasalahan,” tegasnya.

Meski demikian, Bagja juga menekankan, mediasi bukan satu-satunya metode dalam menyelesaikan sengketa. Lebih dari itu Bawaslu selalu siap menyelesaikan perkara baik melalui mediasi maupun melalui ajudikasi. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Koperasi HMM Gagal Bayar, Pesan Kemenkop: Jangan Mudah Tergiur Iming-iming Bunga Tinggi

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Penduduk Miskin Masih Tinggi, PKS Minta Pemerintah Fokus pada Ketersediaan Bahan Pangan

Published

on

Continue Reading

Nasional

DPR Minta Pemerintah Waspadai Penyebaran Virus Corona

Published

on

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo saat kunjungan kerja spesifik komisi IX DPR RI di Demak, Jawa Tengah, Kamis (23/1/2020). (foto : Dep/Man/ist/net)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending