Connect with us

Kesehatan

Tangani Persoalan Ini, Jokowi akan Keluarkan Perpres Khusus

Published

on

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Peraturan Presiden tentang penanganan tuberkulosis (TBC). Hal itu sebagai bukti bahwa Indonesia menaruh perhatian untuk menanggulangi dan memberantas penyakit TBC.

“Untuk mempermudah kerjasama antar kementerian, sekarang ini sedang dirancang Perpres khusus tentang TBC. Sehingga, kerjasama antara Menteri Kesehatan dengan menteri lainnya dalam menanggulangi persoalan TBC di Indonesia bisa lebih lancar,” kata Ketua Dewan Pembina Aksi Stop Tuberkulosis Dunia Partnership Indonesia Arifin Panigoro di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Seperti diketahui, otonomi daerah di Indonesia kuat dan peran kepala daerah sangat penting. Dalam Perpres yang akan dibuat tersebut, nantinya akan melibatkan Menkes, Menteri Dalam Negeri dan kepala daerah.

Dikatakan, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan lima negara, yang akan membahas persoalan TBC di dunia. Dalam laporan Global Tuberculosis yang dipublikasikan oleh World Health Organization (WHO), tidak ada negara yang bebas dari penyakit tersebut.

Pada 2017, diperkirakan 842 ribu orang Indonesia jatuh sakit karena tuberkulosis. Diantaranya adalah 23 ribu orang dengan TBC resisten obat. Selain itu, 75 persen orang yang sakit TBC di Indonesia, adalah usia produktif. Situasi itu menjadi salah satu ancaman dalam agenda jangka menengah 2020-2024, yaitu meningkatkan sumber daya yang berkualitas serta berdaya saing.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Kesehatan

Kemenkes Sebut Belum Ada Positif Virus Corona di Indonesia

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Cek Kesiapan RSPI Sulianti Saroso Untuk Antisipasi Virus Corona

Published

on

Ant
Continue Reading

Kesehatan

Kemnaker Buat Surat Edaran Khusus Untuk PMI di China Terkait Virus Corona

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending