Connect with us

Daerah

Kebakaran Gudang Farmasi Hanguskan Stok Obat-obatan RSUD Ploso Selama Setahun

Published

on

Realitarakyat.com – Kebakaran yang terjadi di gudang farmasi RSUD Ploso, Jombang turut menghanguskan stok obat-obatan di dalamnya.

Padahal obat-obatan tersebut persediaan selama satu tahun di rumah sakit plat merah tersebut.

Kasubbag Tata Usaha RSUD Ploso Dian Kusuma Rahmat membenarkan kebakaran menghanguskan gudang farmasi dan semua stok obat-obatan. Selain itu, api juga membakar sebuah mobil jenazah yang diparkir di sebelah gudang farmasi.

“Beserta obat-obatan di dalamnya, jelas kerugian mencapai ratusan juta rupiah,” kata Rahmat kepada wartawan di lokasi kebakaran, Senin (9/12/2019).

Gudang farmasi yang terbakar mempunyai luas sekitar 12 x 8 meter persegi. Bangunan ini merupakan bekas Puskesmas Ploso. Saat kebakaran terjadi, dipastikan tidak ada aktivitas di dalam gudang.

Meski stok obat-obatan di dalam gudang ludes dilalap api, Rahmat memastikan pelayanan terhadap pasien sementara ini tidak terganggu. Karena RSUD Ploso mempunyai gudang obat lainnya di belakang pelayanan apotek farmasi.

Selain itu, masih ada obat-obatan pengadaan tahun ini yang belum dikirim oleh perusahaan farmasi ke RSUD Ploso. Menurut Rahmat, obat-obatan di 2 gudang beserta yang belum dikirim menjadi persediaan selama satu tahun.

“Untuk awal-awal Insya Allah tidak ada kendala. Total dengan pengadaan yang belum datang stok untuk satu tahun,” terangnya.

Rahmat memastikan kebakaran di gudang farmasi tidak berdampak terhadap para pasien RSUD Ploso. Sehingga pihaknya tak sampai mengevakuasi pasien dari ruang perawatan.

Insiden kebakaran ini menjadi tamparan keras bagi RSUD Ploso untuk mengevaluasi sistem pemadam kebakaran dan keamanan instalasi listrik gedung. Rahmat mengakui rumah sakit milik Pemkab Jombang ini belum mempunyai jaringan hydrant.

“Dari sisi perencanaan jaringan listrik, kami harus benar-benar sesuai standar yang ada. Ini kan gedung lama, kami tidak bisa kontrol itu,” tandasnya.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Anies Surati Menteri Terawan Minta Tetapkan PSBB di Jakarta

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sudah Disemprot Bukan Berarti Bebas, Kewaspadaan Tetap Harus Diutamakan

Published

on

Kendaraan taktis dari Polda Jabar diturunkan menyemprot disinfektan di area publik. Foto: Bang Ris/RR
Continue Reading

Daerah

Terbukti Korupsi, Mantan Kadisperindag Kabupaten Kupang Dituntut 4 Tahun 6 Bulan Penjara

Published

on

Foto: Redem K/RR
Continue Reading
Loading...
Loading…

#Trending