Connect with us

Ekonomi

Presiden COP 26 Dukung Upaya Pencapaian NDC Indonesia

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Pemerintah Inggris menyatakan dukungannya atas upaya Indonesia dalam pencapaian National Determined Contribution (NDC).

Hal ini disampaikan oleh Calon Presiden UNFCCC COP 26 Claire O’Neill Perry dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, pada hari Jumt’at (6/12/2019) di Madrid, di sela-sela Konferensi Perubahan Iklim.

Inggris akan menjadi tuan rumah COP 26 yang akan digelar di Glasgow pada tanggal 9-19 November 2020, yang akan berpartner dengan Italy.

‘Saya atas nama Pemerintah Inggris sangat mengapresiasi upaya Indonesia dalam merestorasi dan merehabilitasi gambut serta upaya untuk mencapai pengelolaan sawit berkelanjutan dalam rangka penurunan emisi dari sektor lahan’, demikian ujar O’Neill, dalam keterangan pers, Sabtu (7/12/2019).

Sebagai Presiden COP26, Inggris akan menggelar acara Pre-COP dan mengundang negara-negara yang memiliki ambisi besar dalam menurunkan emisi, termasuk Indonesia.

Terkait dengan undangan tersebut, Wamen LHK menyatakan bahwa Indonesia bersedia hadir di Pre-COP tersebut sekaligus untuk menunjukkan capaian Indonesia dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Terkait dengan upaya penurunan emisi di sektor lahan dan energi, Inggris menawarkan bantuan teknis dan finansial ke Indonesia untuk merestorasi gambut dan melakukan transisi energi dari penggunaan batubara ke energi baru dan terbarukan.

Wamen LHK menyambut baik tawaran Pemerintah Inggris ini dan akan menggunakan kesempatan kolaboratif ini untuk meningkatkan capaian NDC.

“Indonesia yang memiliki lahan gambut tropis terbesar di dunia sangat berkepentingan dengan kelestarian pengelolalannya dan gambut menjadi faktor penting dalam upaya pencapaian NDC serta peningkatan NDC Indonesia.” kata Wamen LHK.

Lebih lanjut Wamen LHK menyatakan keyakinannya bahwa negara-negara berkembang akan dapat mencapai NDC-nya, terutama jika mendapatkan bantuan dari negara-negara maju.

Wamen juga menginformasilan telah dibentuk International Tropical Peatland Center (ITPC) di Indonesia sebagai bagian dari kerja sama Selatan-Selatan. Untuk itu Indonesia mengundang Inggris untuk dapat berpartisipasi dalam mendukung keberadaan ITPC tersebut.

Inggris menyambut baik tawaran Indonesia karena memang akan membantu Indonesia dalam upaya penyelamatan gambut. Diinformasikan pula Indonesia juga menyatakan bahwa telah diinisiasi pembentukan Pusat Mangrove Dunia di Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan penurunan emisi dari lahan.

Pemerintah Inggris menyambut baik usulan Indonesia untuk menjadikan COP-26 sebagai ajang untuk membahas lebih lanjut isu Blue Carbon mengingat COP-25 saat ini dinyatakan sebagai Blue COP oleh Pemerintah Chile sebagai presiden. (*)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Menkop dan UKM Jajaki Bantuan Digitalisasi UMKM dari UNIDO

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Tingkatkan Daya Saing Bambu Rakyat, Kemenkop Rencanakan Kembangkan 1000 Desa Bambu

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Teten Tantang Pelaku Usaha Ikut Seleksi Rekrutmen Jabatan Tinggi di Kemenkop

Published

on

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (foto: sugandi/realitarakyat.com)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending