Connect with us

Ekonomi

Menteri KP Carikan Solusi Kenaikan 200 Persen Ongkir Produk Perikanan

Published

on

Realitarakyat.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo berjanji mencarikan solusi kenaikan ongkos kirim produk perikanan yang belakangan melambung tinggi. Para pelaku usaha menyebut, saat ini ongkos kirim dalam dan luar negeri naik 100 persen dan sudah ada surat edaran yang menyatakan bahwa ongkis produk perikanan dan tumbuhan akan kembali naik 200 persen.

Menyikapi hal itu, Menteri Edhy mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan untuk mencari jalan keluar atas kenaikan ongkos kirim jasa ekspedisi. Ia pun menyatakan bahwa Menteri Perhubungan sudah siap membantu dan akan mengkomunikasikannya secara langsung kepada para pelaku usaha terakit.

“Bisa saja kita minta khusus untuk produk perikanan tidak usah dinaikan. Yang dinaikan mungkin untuk barang-barang mewah saja. Silahkan saja kalau orang-orang belanja di kota harganya naik, tapi untuk yang produksi semuanya harus murah supaya semakin banyak orang-orang yang berupaya untuk berproduksi. Dengan begitu, akan semakin banyak lapangan pekerjaan tercipta dan pemasukan pajak untuk negara juga meningkat,” tuturnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (8/12/2019).

Pembudidaya dan pemasar ikan hias dari Magelang menyampaikan keluhannya soal biaya jasa pengiriman yang mengalami kenaikan drastis sehingga memberatkan para pelaku usaha. Salah satu pelaku usaha ini, Aan mengatakan, selama ini, kelompoknya memasarkan ikan cupang dan ikan gabe ke seluruh wilayah Indonesia maupun pasar ekspor, khususnya Eropa dan Amerika Serikat.

“Biasanya kami pakai jasa pengiriman lancar-lancar saja. Tapi dalam 3 bulan terakhir ini seperti dipersulit, Pak. Yang menjadi masalah utama, ongkos kirimnya sempat dinaikan hingga 10 kali lipat. Kemudian, dalam seminggu ini keluar edaran baru bahwa ongkos kirimnya dinaikan 200 persen, khususnya untuk pengiriman ikan dan tumbuhan. Kami sangat membutuhkan solusi dari Pak Menteri sekiranya dapat mencarikan jalan tengah,” ujarnya.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Lindungi Industri Dalam Negeri, Kemendag Tetapkan Pengenaan BMTP Produk Evaporator

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Menkop Teten Akan Bangun Kemitraan Eksportir Furnitur Dengan UKM

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Penduduk Miskin Masih Tinggi, PKS Minta Pemerintah Fokus pada Ketersediaan Bahan Pangan

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending