Connect with us

Daerah

Dengan MTU, Disnakertrans Jabar Tekan Pengangguran Terbuka

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat Mochamad Ade Afriandi menutup secara resmi pelatihan tenaga kerja bertajuk mobile training unit (MTU) angkatan XV tahun 2019, bidang kuliner dan las listrik dasar di Desa Cimerak, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (7/12/2019) malam.

Pelatihan dilaksanakan selama lima hari, pesertanya 30 orang, 15 dari desa Sukajaya dan 15 dari desa Cimerak.

Ade, panggilan karib dari Mochamad Ade Afriandi, mengatakan bahwa jumlah penduduk Jabar sebanyak 50 juta, dengan rasio persentasi sebesar 20 persen dari penduduk Indonesia.

Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, memberikan konsekuensi logis dengan timbulnya berbagai permasalahan, termasuk ketenagakerjaan.

Berdasarkan data BPS bulan Agustus 2019, angkatan kerja di Jabar 23,80 juta jiwa. Rinciannya 21,99 juta kerja, dan sisanya 1,90 juta pengangguran.

“Persentasi tingkat pengangguran terbuka 7,99 persen. Nilainya lebih tinggi dari persentasi rata-rata nasional,” kata dia.

Karena itu Gubernur Jabar dalam periode kepemimpinan 2018-2023 merumuskan 35 indikator kinerja utama, salah satunya pengangguran.
“Menekan tingkat pengangguran terbuka dari 8,22 persen di tahun 2019 menjadi 7,1 persen di tahun 2023,” katanya.

Untuk itulah, Disnakertrans Jabar melakukan enam actions plan, seperti optimalisasi dewan pengupahan, optimalisasi. Dewan pengawas dan peran hubungan industrial, optimalisasi fungsi balai latihan kerja, optimalisasi MTU , Upgrade layanan IT. Dan Optimalisasi Demo Creative Labour.

Khusus untuk action plan optimalisasi MTU, Disnakertrans Jabar telah melakukan berbagai upaya optimalisasi layanan MTU,
termasuk didalamnya penyempurnaan kurikulum, metode pelatihan, rekrutmen pemetaan potensi, serta strategi pembentukan kelompok usaha yang akan dikerjasamakan dengan BumDes, dimasing-masing desa.

“Yang pada akhirnya dapat menjadi sebuah unit usaha di desa, atau yang kami sebut sebagai OVOC (one village one company, kata dia.

Ade juga mengatakan, pelatihan kerja mandiri melalui MTU angkatan XV di Pangandaran ini adalah realisasi dari aktion plan dan program utama Disnakertrans Jabar umtuk menekan angka pengangguran di desa.

Pelatihan ini ditujukan bagi para pencari kerja desa Cimerak dan desa Sukajaya, kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran yang ingin menjadu pekerja mandiri atau wirausahawan.

Kegiatan pelatihan dilakukan selama lima hari dengan kejurua las listrik dasar dan olahan hasil pertanian (kuliner).

“Kejuruan tersebut dipilih brrdasarkan hasil analisis potensi dan minat dari peserta,” pungkas dia. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Diduga Korupsi Pengadaan Mesin Sampah, Polres Tanjungbalai Tahan Mantan Kadis KLH

Published

on

Kantor Markas Komando (Mako) Polres Tanjungbalai
Continue Reading

Daerah

Garda TTU Desak Kejati NTT Buka Kembali Kasus Dugaan Korupsi Dana Pilkada

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pengakuan Komplotan Pencuri Kambing Hebohkan Karanganyar

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending