Connect with us

Nasional

Korupsi Terjadi Karena Parpol Dibiarkan Biayai Dirinya Sendiri?

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Korupsi diyakini akan terus dilakukan oleh para pejabat politik. Hal itu akan terus terjadi, selama partai politik dibiarkan membiayai dirinya sendiri.

“Apakah di legislatif, eksekutif, baik halus maupun kasar, ketahuan maupun tidak ketahuan,” kata mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, Sabtu (7/12/2019).

Sehingga, sudah waktunya bagi negara untuk membiayai parpol. Menurutnya, Kementerian Dalam Negeri telah membuat kajian untuk membiayai parpol. Dengan demikian, lanjutnya, maka tidak ada lagi parpol bancakan proyek.

“Hal itu bahkan bisa menyelamatkan keuangan negara. Apalagi bila ditunjang teknologi untuk melakukan pengawasannya,” ujar dia. Sebab, parpol akan memilih orang terbaiknya menjadi kepala daerah atau jabatan-jabatan publik yang lain.

Selain itu, birokrasi akan tenang karena tidak diganggu terus menerus oleh parpol. “Politisasi birokrasi seharusnya tidak boleh lagi dibiasakan. Meskipun hal itu sesungguhnya sudah terjadi sejak lama,” tandasnya.

Dengan adanya reformasi birokrasi, kata dia, maka penggunaan birokasi sebagai alat kepentingan politik sudakh tidak bisa lagi digunakan. “Karena, dengan adanya merit system maka tak bisa lagi sebebas dulu dalam menentukan jabatan-jabatan publik,” tegasnya.[sas]

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Jadi Polemik, Yasonna Diminta Tarik Ucapannya Soal Priok

Published

on

Continue Reading

Nasional

Tito Ingin Status DKI Jakarta Diubah

Published

on

Continue Reading

Headline

Pemecatan Helmy Yahya Bentuk Langkah Mundur Dewas TVRI

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending