Connect with us

Headline

Cegah Korupsi Politik, ICW Minta Presiden Revisi UU Parpol

Published

on

Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz. (foto: ist/net)

Realitarakyat.com – Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, meminta Presiden Joko Widodo untuk mengambil langkah-langkah konkret terkait pembenahan partai-partai politik.

Langkah itu perlu dilakukan, sekaligus untuk menunjukkan komitmen Presiden dalam upaya mencegah terjadinya korupsi yang melibatkan kader-kader partai politik.

“Kalau Presiden Jokowi benar-benar konsisten untuk mencegah korupsi, maka semestinya agenda pembenahan parpol menjadi prioritas bagi Jokowi di masa pemerintahannya periode kedua ini,” ujar Donal, di kantor PARA Syndicate, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Pembenahan parpol yang dimaksudkan Donal, adalah melakukan revisi undang-undang parpol dengan membatasi masa jabatan ketua umum parpol. Termasuk di dalamnya terkait proses rekrutmen anggota dan calon pejabat publik dari parpol secara transparan serta profesional.

Donal juga setuju bahwa pendanaan bagi parpol ditingkatkan sebagai upaya membenahi partai politik. Namun, dia mengingatkan bahwa penambahan dana parpol tersebut harus dilakukan melalui revisi UU-nya.

“Kita, termasuk saya, sepakat bahwa APBN itu bisa diberikan ke parpol, tapi tidak boleh hanya pendanaannya saja tanpa diikuti dengan prakondisi. Apa itu?, ya dengan merevisi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik,” ujarnya menegaskan.

Namun Donal menyadari bahwa langkah tersebut memiliki tantangan tersendiri, yaitu status quo yang dimiliki parpol. Pasalnya, kata dia, sangat sulit untuk membangun kesadaran parpol agar meninggalkan praktik saat ini yang dinilainya masih menguntungkan partai.

“Misalnya, parpol yang dengan mudah mendapat uang dari mahar politik. Menurut saya tantangan terbesarnya adalah membangun kesadaran parpol untuk melepas status quo ini, status yang membuat mereka senang karena menjadi sosok penentu di parpol,” katanya. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

UN Dihapus, Generasi Muda Indonesia Bakal Jadi Lembek

Published

on

Continue Reading

Headline

Kata SBY, Partai Demokrat Akan Ada Selamanya

Published

on

Continue Reading

Daerah

Jadi Kurir dan Germo, NB dan NS Jadi Tersangka

Published

on

Kapolsek Kelapa Lima AKP Andri Setyawan. (Foto: realitarakyat.com/Redemtus L)
Continue Reading




Loading…