Connect with us

Ragam

Soal Produk Halal, Peringkat Indonesia Masih Kalah

Published

on

Sertifikat halal MUI. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Meski Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, namun dalam hal produk halal, negeri ini menempati peringkat ke 10 dunia dengan skor 45. Sedangkan Malaysia menempati peringkat pertama dengan skor 127.

Kemudian disusul oleh Uni Emirat Arab, Bahrain dan Arab Saudi. Indonesia hanya lebih unggul sedikit dari Brunei Darussalam, yang menempati posisi 11. Peringkat tersebut diketahui berdasarkan penelitian Thomson Reuters bertajuk Global Islamic Economy Indicator (GIEI) 2018-2019.

Hal yang berkaitan dengan produk halal tersebut nampaknya belum terlalu dipahami oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM. Padahal, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia juga menjadi pasar terbesar produk-produk halal dunia.

“Padahal, sudah seharusnya pelaku UMKM  paham bahwa konsumen memerlukan produk yang terjamin kehalalannya. Sayangnya, tidak ada jaminan pelaku UMKM memahami hal itu,” kata Ketua Komite Ketahanan Pangan KADIN Franciscus Welirang.

Karenanya, diperlukan sosialiasi yang lebih kepada pelaku UMKM – utamanya di bidang kuliner – agar memahami berbagai faktor terkait kehalalan suatu produk. Antara lain faktor kesehatan, gizi, keamanan serta pengolahannya.

“Sehingga, UMKM tradisional dan modern, harus memperhatikan semua unsur kehalalan tersebut, sebelum produk mereka diasup oleh konsumen. Jangan lupa, produknya harus halal karena mayoritas konsumen juga menuntut produk yang halal. Hal semacam ini jangan diabaikan,” ujarnya.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

Kerap Dibilang ‘Anunya’ Letoy, Suami di Tangerang Tega Bacok Sang Istri

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Hukum

Tak Ingin Disalahgunakan, 7 PPIU Temui Aparat Penegak Hukum

Published

on

Gerakan Kemanusiaan Memberangkatkan Umrah Korban Penipuan Travel. (Foto: Ist)
Continue Reading

Ragam

Faktor Kunci Pemberantasan Korupsi, Fadli Zon: Parlemen Berperan Tingkatkan Budaya Integritas

Published

on

Wakil Ketua DPR-RI, Fadli Zon dan rombongan disambut Ketua Parlemen Qatar, HE Ahmed bin Abdullah bin Zaid al Mahmoud, di gedung Parlemen Qatar, Minggu (21/01/2018). (foto: ist/net/dok Humas DPR)
Continue Reading




Loading…