Connect with us

Nasional

Dede Yusuf: UN Sebagai Tolok Ukur Kelulusan Belum Efektif

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat, Dede Yusuf, menyatakan bahwa wacana penghapusan ujian nasional (UN) harus diikuti oleh standar kelulusan pengganti.

“Saya rasa sih ngga masalah (penghapusan UN,red). Tapi penggantinya apa?. Itu yang perlu saya tahu. Apakah standar kelulusan di sekolah saja, atau per provinsi, atau bagaimana,” ujar Dede, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Tak hanya itu, dia juga menilai bahwa ujian nasional sebagai tolok ukur kelulusan SD, SMP, dan SMA belum efektif. Pasalnya, UN belum bisa menghasilkan lulusan yang siap terjun di dunia kerja.

“Tapi kalau untuk mengejar angka kognitif sih memang bagus. Namun ukuran, pendidikan karakter dan skillnya belum mencakup di sana. Dan juga kultur budaya dan geografis wilayah tidak bisa disamakan pula pada seluruh standar nasional,” kata dia.

Akhirnya yang ada, lanjut dia, adalah pemaksaan harus lulus UN dan siswa terpaksa mati-matian belajar menghapal. Proses belajar tidak diarahkan kepada kemampuan memecahkan permasalahan, kreatifitas, inovasi dan kolaborasi.

“Harus ada terobosan baru dari Keme ndikbud dalam menyiapkan lulusan yang kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta berkarakter,” pungkasnya. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Sebut Jabatan Ketua MA Penuh Godaan, Bamsoet Minta Syarifuddin Benahi Peradilan

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

DPR

Perbedaan Data Positif Corona, DPR: Itu Karena Komunikasi Pemerintah Pusat dan Daerah Kurang Baik

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Jajak Pendapat UNICEF: 90% Remaja Indonesia Optimis Pemerintah dapat Tangani COVID-19

Published

on

foto: ist
Continue Reading
Loading…

#Trending