Connect with us

Hukum

Selidiki Dugaan Dana Desa Mengalir ke KKB Papua, Polisi Gandeng PPATK dan Pemprov

Published

on

Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adisaputra / Net

Realitarakyat.com – Mabes Polri terus menyelidiki soal adanya indikasi mengalirnya Dana Desa (DD) ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Kabar itu diketahui, usai beredarnya surat dari KKB yang ditujukan kepada para kepala kampung di Papua untuk meminta dana.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adisaputra mengatakan, dari hasil penyelidikan kabar mengalirnya dana desa itu ke KKB sifatnya hanya dugaan.

“Jadi berdasarkan hasil penyelidikan oleh Polda Papua bahwa perihal tersebut smpai dengan hari ini masih bersifat indikasi,” kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/11).

Menurut Asep, saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) guna untuk memastikan apakah benar dugaan dana desa itu mengalir kepada kelompok pemberontak.

“Sedang dilakukan penyelidikan lebih dalam dengan bekerja sama, dengan PPATK BPKD Provinsi Papua, untuk itu kita masih menunggu bagaimana hasil penyelidikan lebih lanjut terkait dengan dugaan atau indikasi penggunaan dana desa itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw memberi ancaman, jika benar terbukti dana desa digunakan untuk kepentingan kelompok pemberontak.

Tak segan- segan, Paulus akan memproses secara hukum kepala desa yang terbukti mengucurkan dana desa itu ke KKB.

“Kita akan memproses secara hukum bilamana ditemukan adanya kepala desa yang kedapatan menyalahgunakan dana desa tersebut,” ungkapnya.[prs]

Penulis: Firdausi

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Kasus Tewasnya Mahasiswa UHO Siap Disidangkan, LPSK Pastikan Keamanan Saksi

Published

on

Continue Reading

Daerah

Terdakwa Kasus Korupsi Kredit Macet Cabut Pra Peradilan

Published

on

Continue Reading

Daerah

Hindari Pidana Subsider, Terpidana Korupsi NTT Fair Bayar Denda Rp200 Juta

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending