Connect with us

Daerah

Penerapan ERP, Pemkot Bekasi Tunggu Hasil dari DKI Jakarta

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Pemerintah Kota Bekasi akan berpatokan pada DKI Jakarta sebelum menerapkan Electronic Road Pricing (ERP) pada tahun 2020. Sehingga, setelah ada hasil signifikan dengan penerapan ERP di Jakarta, barulah Pemkot Bekasi akan mempertimbangkan untuk memberlakukannya.

“Di DKI saja belum terlihat hasil, termasuk bagaimana dampaknya terkait dengan traffic lalu lintas yang ada dan lainnya,” kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di Gedung DPRD Kota Bekasi.

Menurutnya, uang dari hasil penerapan ERP itu juga harus dijelaskan secara rinci terkait kegunaannya. Misal di Singapura, hasil dari ERP digunakan untuk membenahi masalah public transport-nya, infrastruktur jalannya hingga untuk melengkapi terkait dengan sistem informasinya.

“Fungsinya ERP adalah bagaimana meminimalisir orang menggunakan kendaraan pribadi. Ya makanya kemudian dia berbayar, uangnya nanti digunakan untuk pengembangan terkait dengan transportasi lagi,” ujarnya.

Dalam penerapan ERP nanti, dia berharap tidak sepanjang hari. Akan tetapi ada waktu-waktu tertentu saja. “Jadi masih banyak kajian, seperti aturan teknis dan lainnya. Termasuk teknologinya sudah disiapkan apa belum,” tandasnya.

Terlebih, kata Tri, Jalan Kalimalang ini sudah dua arah baik sisi selatan dan utara. “Karena yang saya lihat dengan adanya sudah dua arah, masing-masing satu arah ke arah menuju Jakarta dan Bekasi. Saya kira mudah-mudahan tidak ada lagi hambatan,” tegasnya.

Sebelumnya dia mengatakan, penerapan sistem ERP di Jalan Kalimalang belum tepat dan harus dilakukan kajian secara mendalam. Terlebih bila ERP diterapkan pada tahun 2020.

“Kota Bekasi belum siap. Ya kita belum siap terkait dengan ERP yang ada di Kalimalang,” tuturnya. Terlebih, penerapan ERP di tahun 2020 diakui oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) baru tahap awal perencanaan. Karena, ada empat hal yang akan dilakukan sebelum penerapan ERP dilakukan.’

Namun demikian, Tri menganggap hal itu masih sebatas wacana. “Makanya, kan sebetulnya masih dalam bentuk wacana. Direktur BPTJ seharusnya mengkaji lebih dalam lagi lah,” tukasnya.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Di Akhir Jabatannya, Bupati Rembang Janji Pasang Ratusan LPJU di Pedesaan

Published

on

Continue Reading

Daerah

Polres Tanjungbalai Berikan Penghargaan Tiga Personil Berprestasi

Published

on

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira,SIK,MH saat menyerahkan penghargaan kepada ketiga personil terbaiknya.
Continue Reading

Daerah

Terkait Pabrik Semen, Mensi Anam Minta Pemkab & Perusahaan Tak Dikte Rakyat

Published

on

Walikota Tanjungbalai H M Syahrial,SH,MH didampingi Kepala SMP Negri 6 Tauraja Turnip,S.Pd saat meninjau ruang belajar di SMP Negeri 6 yang musnah terbakar.
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending