Connect with us

Kesehatan

Jawab Keresahan Masyarakat, KLHK Lakukan Riset Terkait Isu Dioxin pada Telur dan Tahu

Published

on

Realitarakyat.com – Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Novrizal Tahar, mengatakan bahwa pihaknya segera melakukan riset dengan melibatkan para ahli guna menjawab keresahan masyarakat, khususnya terkait isu dioxin pada telur dan tahu yang diproduksi menggunakan bahan bakar sampah plastik.

“Tim juga berdialog dengan sekitar 20 pengusaha tahu dari 36 pengusaha yang ada. Diwakili kepala desa, para pengusaha UMKM ini menyadari bahwa bahan bakar dari sampah plastik tersebut berdampak pada lingkungan dan masyarakat,” ujar Novrizal, dalam keterangan tertulisnya, kepada realitarakyat.com, Minggu (24/11/2019).

Para pelaku usaha inipun mengaku siap beralih dari bahan bakar sampah plastik menjadi bahan bakar kayu atau alternatif lainnya.

Sebagai percontohan, di desa itu sudah ada satu unit alat yang digunakan untuk pembuatan tahu dan hanya bisa menggunakan bahan bakar kayu bekas. Alat itu tidak bisa menerima bahan bakar plastik dan harganya lebih murah secara operasional.

Untuk itu pelaku UMKM mengharapkan bantuan dari pemerintah dan pemerintah daerah terkait dengan solusi tungku bakar untuk pembakaran tahu yang lebih ramah lingkungan.

Terkait hal ini KLHK akan berkoordinasi bersama Kemendagri, KemenPDT, dan Pemda terkait kebijakan untuk penyelesaian desa-desa yang masih memanfaatkan sampah limbah plastik, mengingat aktivitas masyarakat dengan memanfaatkan sampah ini sudah ada sejak 30-40 tahun lalu.

“KLHK segera akan mengkaji secara lebih intensif aspek sosial dan teknis berkaitan dengan masalah ini, sekaligus merumuskan solusi, dengan melibatkan para ahli. Nantinya hasil kajian tersebut akan jadi referensi mengambil langkah-langkah setrategis selanjutnya,” kata Novrizal. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Pantau Aktivitas, Pemkab Matim Bakal Pasang CCTV di Setiap Puskesmas

Published

on

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas. (Foto: Ist)
Continue Reading

Kesehatan

Iuran PBJS Kelas III Tetap Naik, PKS: Pemerintah Kangkangi Amanat UUD ’45

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Daerah

Cegah Keracunan, Makanan dan Minuman Kadaluarsa Dimusnahkan

Published

on

Proses pemusnahan makanan dan minuman kadaluarsa di Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. (Foto: Ist)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending