Connect with us

Nasional

Wacana Pilkada Asimetris Direspons Positif

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Opsi pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara asimetris yang diusulkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, direspon positif Partai Persatuan Pembangunan. Menurut Wakil Ketua Umum DPP PPP Arwani Thomafi, sistem pilkada di Indonesia saat ini sebenarnya sudah asimetris.

Sebab, mekanisme untuk memilih kepala atau pemimpin suatu daerah di Indonesia saat ini bermacam-macam. Misalnya, di Papua menggunakan sistem noken, di Daerah Istimewa Yogyakarta tidak melaksanakan pilkada langsung untuk memilih gubernur.

“Saat ini sudah berjalan, di Papua dengan noken kemudian di DIY juga tidak melakukan pemilihan daerah langsung untuk gubernur. Artinya memang sistem pilkada kita sudah membuka ruang untuk asimetris,” ujarnya di DPP PPP, Jakarta, kemarin.

Dia menilai, kekhasan masing-masing daerah dalam bentuk kearifan lokal saat memilih kepala daerah dipertimbangkan ketika evaluasi penyelenggaraan pilkada. Sebab, tujuan utama memilih kepala daerah adalah mencari pemimpin yang berkualitas dan untuk kesejahteraan masyarakat.

Wakil Ketua Komisi II DPR ini menyatakan, di beberapa daerah, kearifan lokal mampu mewujudkan hal itu. Kemudian, sejalan dengan prinsip kesejahteraan masyarakat, evaluasi biaya politik pilkada juga perlu dievaluasi.

“Kita harus terbuka melakukan evaluasi, apakah proses pilkada yang sudah kita lakukan selama ini, yang padat modal seperti ini akan dilanjutkan,” tambah Arwani.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Amankan Nataru, Polri Kerahkan 100 Ribu Personel

Published

on

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono. (foto: ist/net)
Continue Reading

Nasional

Kata Nadiem, UN Bukan Dihapus Tapi Diganti Format

Published

on

Mendikbud Nadiem Makarim / Net
Continue Reading

Nasional

Kata Jokowi, UN Resmi Dihapus 2021

Published

on

Continue Reading




Loading…