Connect with us

Nasional

Transparan, Hasil Pemilu Mudah Disinkronisasi

Published

on

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan menyatakan, sinkronisasi hasil pengawasan Pemilu 2019, bisa mengacu laporan pengawasan yang dibuat oleh Bawaslu tingkat kabupaten/kota. Abhan menjelaskan, data-data yang terkumpul memang sebaiknya menjadi literasi dan rujukan bagi publik.

Khususnya dalam melihat pengawasan Pemilu 2019. Dia pun mengapresiasi laporan pengawasan yang direncanakan akan dibuat dalam bentuk buku. “Rujukan ini menjadi valid, karena laporan dan validasi data yang memang langsung ditangani Bawaslu,” ucapnya, Rabu (20/11/2019).

Pria kelahiran Pekalongan itu menambahkan, transparansi hasil pengawasan bahkan sudah diunggah lewat situs web Bawaslu Kabupaten/Kota. Sehingga, data-data terkait hasil pengawasan pemilu yang lalu bisa disinkronisasi dengan mudah.

“Bicara data itu rumit. Terkadang data yang masuk dari tingkat kabupaten/kota sudah benar, tapi dalam provinsi bisa jumlahnya lebih kecil atau besar,” imbuhnya. Abhan mengungkapkan, sudah menjadi kewajiban bagi Bawaslu untuk menyampaikan seluruh data hasil pengawasan kepada publik.

Hal tersebut diakuinya menjadi bagian dari akuntabilitas suatu lembaga atas kinerja yang telah dilakukan. “Menjadi keniscayaan kalau kemudian Bawaslu tidak bisa menyampaikan data hasil pengawasan selama Pemilu 2019. Saya harap output ini bisa membentuk akuntabilitas publik atas kerja-kerja Bawaslu kabupaten/kota selama ini,” tegasnya.[sas]

 

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Amankan Nataru, Polri Kerahkan 100 Ribu Personel

Published

on

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono. (foto: ist/net)
Continue Reading

Nasional

Kata Nadiem, UN Bukan Dihapus Tapi Diganti Format

Published

on

Mendikbud Nadiem Makarim / Net
Continue Reading

Nasional

Kata Jokowi, UN Resmi Dihapus 2021

Published

on

Continue Reading




Loading…