Connect with us

Ekonomi

Menteri PUPR: Tol Palembang-Kayu Agung Beroperasi Bulan Depan

Published

on

Jalan Tol Palembang - Kayu Agung. (Foto: ist)

Realitarakyat.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, tol trans Sumatera Kayu Agung-Palembang-Betung seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km, bisa mulai beroperasi pada Desember 2019. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, progres ruas jalan tol tersebut sudah mencapai sekitar 97 persen.

“Sementara, pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli yang merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi proyek strategis nasional, diperkirakan selesai pada akhir tahun 2020,” katanya di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Dengan tambahan ruas tol Palembang-Kayu Agung, total panjang Trans Sumatera hingga akhir 2019 mencapai 501,16 km. Kementerian terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera sepanjang 2.974 Km dari Lampung hingga Aceh, yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

Hingga November 2019, Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi sepanjang sepanjang 467,6 km. Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar – Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 10,46 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62,2 km dan Belawan – Medan – Tanjung Morawa 43 km.

Selanjutnya, tercatat sebanyak lima ruas Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 311,26 km yang ditargetkan menyusul operasional tahun 2020. Keempat ruas tersebut yakni Tol Sigli-Banda Aceh (74 km), Medan-Binjai Seksi 1 (Simpang Susun Helvetia – Simpang Susun Tanjung Mulia) sepanjang 6,27 km, Pekanbaru-Dumai  (131,4 km), Padang – Pekanbaru Seksi I Padang – Sicincin (30,4 km), dan Tol Kayuagung-Palembang-Betung seksi 2 dan 3 Jakabaring-Betung (69,19 km).

 

Memangkas Jarak

Pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi proyek strategis nasional. Dengan dibangunnya tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam menjadi 1 jam perjalanan.

Secara keseluruhan ruas tol Banda Aceh-Sigli ini nantinya akan terbagi enam seksi dengan total investasi sebesar Rp 12,35 Triliun. Progres konstruksinya saat ini sebesar 20% dan ditargetkan rampung akhir 2020.

Selanjutnya yaitu Jalan tol Pekanbaru-Dumai yang terbagi menjadi enam seksi dengan nilai investasi keseluruhan mencapai Rp 16,211 triliun juga ditargetkan selesai pada tahun 2020. Keenam seksi tersebut yakni seksi I Pekanbaru-Minas (9,5 km), seksi II Minas-Petapahan/ Kandis Selatan (24 km), seksi III Petapahan-Kandis Utara (17 km), seksi IV Kandis-Duri Selatan (26 km), seksi V Duri Selatan-Duri Utara (28 km), dan seksi VI Duri Utara-Dumai (25 km).

Saat ini progres konstruksi keseluruhan enam seksi tersebut sebesar 74,2 persen. Jalan tol ini akan mengintegrasikan konektivitas kawasan, memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di Sumatera.

Dan yang lebih penting lagi tol Pekanbaru-Dumai dapat meningkatkan akses Pekanbaru sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan ekonomi Provinsi Riau dan Dumai sebagai kota pelabuhan,  dengan industri perminyakan dan agribisnis.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Presiden COP 26 Dukung Upaya Pencapaian NDC Indonesia

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Ekonomi

Penuhi Kebutuhan Air Ibukota Baru, Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Dibangun 2020

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Dukung Pengembangan Ibukota Baru, Tol Balikpapan-Samarinda Segera Diresmikan

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading




Loading…