Connect with us

Daerah

Anggaran Naik, BPBD Bandung, Depok dan Purwakarta Diminta Mandiri

Published

on

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, Supriyanto / Ist

Realitarakyat.com – Tahun 2020 mendatang, Anggaran BPBD Jawa Barat mengalami kenaikan. Karenanya, BPBD Kabupaten Kota diminta secepatnya mandiri, tidak menginduk lagi pada Dinas Kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, Supriyanto mengatakan, pada 2019 anggaran untuk logistik kebutuhan korban bencana hanya Rp 1,2 miliar dari APBD Prov Jabar, dan Rp 4,9 miliar dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Pada 2019 anggaran belanja langsung BPBD Jabar sebesar Rp 22 miliar, dan belanja tidak langsung Rp 9,9 miliar,” kata Supriyatno mengatakan hal tersebut di atas dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) ke-52 di Lobby Lokantara Gedung Sate Jl Diponegoro No22, Bandung, Selasa (19/11/2019).

Sementara, 2020 ini ada peningkatan belanja langsung total Rp 40 miliar dan anggaran tidak langsung Rp14 miliar.

“Khusus untuk logistik, meningkat jadi empat kalinya dari Rp 1,2 miliar jadi Rp 4 miliar sekian,” ungkap dia.

Anggaran logistik meningkat karena untuk menambah jumlah peralatan, perlengkapan, pangan, sandang, dan berbagai paket kebutuhan korban bencana alam.

“Harapannya, supaya supaya warga terdampak bencana alam dapat terakomodasi dengan lebih baik dari sebelumnya,” ujar dia.

Supriyanto juga mengatakan untuk logistik tahun 2019 ini, telah disebar ke 27 kabupaten dan kota di Jabar. Tujuannya agar penanganan korban bencana dapat dilakukan secepatnya.

Selain itu, Supriyanto juga menerangkan saat ini masih ada tiga kabupaten kota yang belum memiliki BPBD secara mandiri, yaitu Kabupaten Purwakarta, Kota Bandung dan Kota Depok.

“Induk mereka masih berada di dinas kebakaran dan penanggulangan bencana,” kata dia.

Kondisi itu tercipta, terkait dengan kebijakan dari kabupaten kota itu sendiri.

“Kita terus mendorong agar penanggulangan bencana dipisah dengan pemadam kebakaran. Kalau tidak berdiri sendiri, sulit untuk mendapatkan bantuan dan peralatan,” pungkas dia.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Pemprov NTT Optimis Penyerapan Anggaran Pembangunan 2019 Capai 95 Persen

Published

on

Lucky Frederich Koli / Ant
Continue Reading

Daerah

Pilkada Solo Diramaikan Dengan Para Pendaftar Via PDIP Jateng.

Published

on

Continue Reading

Daerah

Berani Deklarasikan Desa Kelurahan Layak Anak, Sukoharjo KLA Madya

Published

on

Continue Reading




Loading…