Connect with us

Ekonomi

Menhub Pastikan Operasional LRT Sumsel Optimal

Published

on

foto: ist/net)

Realitarakyat.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pengoperasian Light Rapid Transit Sumatera Selatan (LRT Sumsel) bisa optimal dalam melayani kebutuhan transportasi masyakat. Meski saat ini tingkat keterisian LRT Sumsel baru mencapai 40 persen, Menhub terus berupaya angka itu bergerak naik hingga ke posisi maksimal.

“Saya menjadikan LRT di Palembang ini sebagai contoh pengoperasian kereta api dalam kota karena LRT pertama kali di Indonesia ada di Palembang. Maka secara periodik 2 bulan sekali saya pantau agar pelayanannya semakin membaik. Saat ini tingkat keterisiannya sudah 40 persen,” ujar Menhub Budi Karya saat meninjau LRT Sumsel di Palembang, Minggu (17/11).

Menhub mengatakan, tingkat keterisian LRT yang telah meningkat menjadi 40% dicapai karena upaya-upaya optimalisasi layanan LRT Sumsel. Antara lain waktu tempuh perjalanan yang dipersingkat dari 60 menit menjadi 47 menit Stasiun Bandara ke Stasiun DJKA, waktu kedatangan antarkereta (headway) dari 30 menit menjadi 18 menit, frekuensi perjalanan LRT dalam sehari yang semula 58 perjalanan meningkat menjadi 78 perjalanan.

“Ditambah lagi kebijakan Gubernur Sumatera Selatan yang menerapkan program minimal 1 kali/bulan bagi PNS untuk naik LRT Sumsel. Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kolaborasi yang baik dari Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Ditjen Perkeretaapian, sejak dioperasikannya pada Juli 2018, jumlah penumpang LRT Sumsel telah mencapai lebih 3 juta orang per November 2019.Untuk rata-rata harian jumlah penumpang yang diangkut dibulan oktober mencapai 7,276 penumpang per hari.

Sementara untuk rata-rata harian penumpang, tercatat, jumlah penumpang yang diangkut pada akhir pekan (weekend) lebih tinggi dari pada hari biasa (weekedays) yaitu mencapai 10,207 penumpang pada akhir pekan dan 6,256 penumpang pada hari biasa. Tingkat keterisian penumpang menujukan trend yang terus meningkat setiap bulannya.

“Saya terus ingatkan kepada Dirjen Perkeretaapian dan jajaran untuk terus berupaya meningkatkan aspek keselamatan dan layanan LRT ini agar semakin banyak lagi masyarakat yang menggunakan LRT Sumsel,” tandas Menhub. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Womanpreneur Kebab ‘Baba Rafi’ Inginkan Branding Produk UMKM Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Published

on

Womanpreneur Kebab Baba Rafi, Nilamsari, saat menjadi pembicara dalam diskusi. (foto: realitarakyat/sugandi)
Continue Reading

Ekonomi

Sarinah Diarahkan Jadi Showroom Produk UMKM Lokal

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Berhasil Terapkan Sistem Resi Gudang, 5 Bupati Diganjar Penghargaan Kemandag

Published

on

Continue Reading




Loading…