Connect with us

Ekonomi

Di Tengah Tekanan Ekonomi Global, Menkeu: Kinerja Fiskal Tetap Terjaga

Published

on

Realitarakyat.com – Stabilitas ekonomi Indonesia masih tetap terjaga di tengah prospek perlambatan pertumbuhan perekonomian global. Namun Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengkaui, prospek perlambatan ditunjukkan oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi global yang mengalami revisi ke bawah, dan pertumbuhan volume perdagangan global yang menurun diakibatkan oleh perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Selain itu, munculnya pusat-pusat krisis baru seperti di Chile, Bolivia dan Argentina, serta peningkatan tensi geopolitik di Timur Tengah dan Hong Kong telah berdampak pada ekonomi global tahun ini yang diproyeksikan tumbuh 3,0 persen atau terendah sejak krisis keuangan global tahun 2008.

Namun dipastikan kondisi di dalam negeri secara year-over-year Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia triwulan III masih tumbuh 5,02 persen dan secara cummulative-to-cummulative masih tumbuh 5,04 persen.

Masih solidnya pertumbuhan tersebut salah satunya merupakan peran dari APBN yang bersifat countercyclical dalam memberikan stimulus ke perekonomian.

“Dalam kondisi glob.al yang begitu sangat dinamis dan cenderung negatif, Indonesia masih tetap bisa menjaga pertumbuhan ekonomi-nya pada kisaran 5 persen seperti yang tertuang di dalam kuartal III/2019 ini, oleh Badan Pusat Statistik,” ujar Menkeu, saat menyampaikan APBN KiTa edisi November 2019, di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Sementara itu, neraca perdagangan juga sudah mengalami surplus pada Oktober 2019, membaik dari bulan sebelumnya yang mengalami defisit.

Demikian juga dengan net ekspor yang sudah mulai positif pada triwulan III tahun 2019, seiring dengan perbaikan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang didorong oleh penurunan defisit transaksi berjalan dan peningkatan surplus transaksi modal dan finansial.

Kondisi tersebut diyakini akan memberikan pondasi kuat terhadap perkembangan ekonomi nasional hingga akhir tahun ini dan juga tahun depan. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Menhub Pastikan Tol Layang Jakarta Cikampek II Beroperasi 20 Desember

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Eks Menteri SBY Ini Ditunjuk Jadi Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Dukung Inpres Jokowi, Hipmi Minta Menteri Tak Seenaknya Buat Regulasi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading




Loading…