Connect with us

Lingkungan Hidup

BMKG Bantah Prediksi Akan Terjadi Kekeringan Panjang

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah telah mengeluarkan prediksi adanya kekeringan panjang atau Global Warmin 2019-2020 dan potensi El Nino pada 2020. Prediksi dimaksud beredarnya video di Youtube, yang mengatasnamakan BMKG.

Oleh karena itu, BMKG dalam siaran pers yang diterima realitarakyat.com, Senin (18/11/2019), meminta masyarakat tidak mempercayai video tersebut. Selain itu, BMKG menegaskan tidak pernah membuat prediksi seperti yang beredar dalam video tersebut.

Dikatakan, pada 2020 tidak teridentifikasi akan terjadi El-Nino kuat. Lembaga NOAA dan NASA (Amerika) serta JAMSTEC (Jepang) juga memprediksikan hasil yang serupa dengan BMKG.

Sementara itu, El-Nino lemah pada 2019 telah dinyatakan berakhir pada Juli lalu dan kondisi netral akan bertahan hingga akhir tahun. Hal itu menandai pada 2020 nanti, diperkirakan tidak ada potensi anomali iklim yang berdampak pada curah hujan di Indonesia.

Dalam siaran pers tersebut juga ditulis, BMKG telah memprediksi tidak ada potensi anomali iklim pada 2020. Baik di Samudera Pasifik maupun Samudera Hindia, yang berdampak pada curah hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu, curah hujan akan cenderung sama dengan pola iklim normal. Saat ini sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. BMKG memperkirakan, musim kemarau akan dimulai sekitar April-Mei hingga Oktober 2020.

Kecuali wilayah di dekat ekuator seperti Aceh, Sumatera Utara dan Riau, yang musim kemarau pertamanya akan dimulai pada Februari-Maret 2020. Dikatakan, BMKG akan menginformasikan kepada masyarakat apabila terdeteksi perkembangan fenomena atau gejala anomali melalui kanal resmi BMKG.

Adapun mengenai berbagai informasi yang beredar di dunia maya, BMKG meminta masyarakat tidak termakan isu hoax dan tidak pasti. Untuk informasi yang akurat dan bisa dibuktikan, masyarakat dapat mengakses dari kanal resmi BMKG baik lewat Twitter di @infoBMKG dan atau situs resmi.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Polisi Bisa Langsung Tindak Dugaan Penebangan Hutan Liar

Published

on

Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP Aria Sandi. (Foto: Ist)
Continue Reading

Lingkungan Hidup

Indonesia Ditetapkan Sebagai Tuan Rumah COP-4 Konvensi Minamata

Published

on

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Foto: Ist)
Continue Reading

Lingkungan Hidup

Di Pembukaan COP Konvensi Minamata, Menteri Siti Nurbaya Beberkan Langkah Nyata Indonesia

Published

on

Continue Reading




Loading…