Connect with us

Nasional

Sertifikasi Pernikahan Jangan Memberatkan

Published

on

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily menilai, kebijakan sertifikasi perkawinan harus dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. Apalagi, kebijakan hampir serupa selama ini sudah berjalan. Yakni bimbingan pranikah yang diselenggarakan Kantor Urusan Agama.

“Oleh karena itu kami meminta agar dari segi prosedur maupun substansi, sertifikasi pernikahan tidak memberatkan calon pengantin. DPR tidak ingin kebijakan yang rencananya diterapkan pada 2020 tersebut, memberatkan warga yang hendak menikah,” katanya.

Menurutnya, jangan sampai hal itu memberatkan warga untuk melaksanakan pernikahan. Terutama dari segi biaya. Juga jangan sampai prosedurnya berbelit-belit. Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan, pendidikan pranikah untuk mendapatkan sertifikat perkawinan sebagai syarat menikah, akan ditetapkan bagi semua pemeluk agama.

“Berlaku untuk semua agama. Nanti kita buat menjadi jelas, sehingga tidak ada yang terlewat,” ujarnya. Dikatakan, pendidikan pranikah akan memberikan nasehat. Salah satunya adalah mengenai agama hingga kesehatan, kepada para calon pengantin.

Karena itu, setiap anggota KUA akan dibekali kemampuan untuk memberikan pendidikan pranikah kepada para calon pengantin. “Nanti lebih lengkap, misalnya memberi pengetahuan pada saat hamil. Apa yang harus dia lakukan. Jadi betul-betul dia melahirkan bayi-bayi yang sehat. Bayi sehat kan bukan hanya saat lahir saja, tapi mulai dari kandungan,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Erick Larang BUMN Bagikan Suvernir

Published

on

Menteri BUMN Erick Thohir / Net
Continue Reading

Headline

Kesetiaan Seorang Profesional Ada Pada Profesi, Bukan Institusi

Published

on

Ilustrasi (Net)
Continue Reading

Nasional

Maskapai Diimbau Jual Tiket dengan Harga Terjangkau

Published

on

Ilustrasi (Net)
Continue Reading




Loading…