Connect with us

Politik

Janji Politik PKS Layak Diapresiasi

Published

on

Direktur Eksekutif The Indonesian Democracy Initiative (TIDI) Arya Sandhiyudha. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Keputusan Partai Keadilan Sejahtera untuk memperjuangkan janji politiknya soal pajak sepeda motor gratis dan SIM seumur hidup untuk masuk dalam Prolegnas 2020, layak diapresiasi. Karena bila kedua hal tersebut jadi diterapkan, akan meringankan beban hidup rakyat.

“Data menunjukkan beban hidup rakyat semakin berat karena tarif dasar listrik naik dan harga beras kualitas medium yang juga terus naik. Berdasarkan data BPS, rata-rata harga beras naik sepanjang 2010 – 2018,” kata Direktur Eksekutif The Indonesian Democracy Initiative (TIDI) Arya Sandhiyudha kepada realitarakyat.com, Minggu (17/11/2019).

Menurutnya, kenaikan harga beras dari Rp 6.700 menjadi Rp 12.000, jelas memberatkan rakyat. Sehingga, pengurangan beban sekecil apapun, termasuk pengurangan pajak (tax cuts) dan pembayaran SIM hanya sekali seumur hidup, akan disambut rakyat dengan gembira.

“Selain meringankan, wacana PKS soal penghapusan pajak juga dapat mengurangi kerepotan, kerumitan dan waktu produktif yang hilang. Terutama karena harus mengurus surat-surat, yang seharusnya dapat digunakan untuk bekerja,” ujarnya.

Dia menambahkan, sepeda motor adalah alat produksi masyarakat. Baik pedesaan dan perkotaan. Di pedesaan, sepeda motor digunakan sebagai sarana produksi untuk mengangkut hasil-hasil pertanian.

Soal potensi hilangnya APBD bilamana pajak kendaraan sepeda motor dihapus tersebut jadi diterapkan, Arya pun mengaku optimis bahwa hal itu tidak akan terjadi. Karena sesungguhnya beberapa provinsi menunjukkan porsi dari pendapatan pajak sepeda motor itu sekitar 7-8 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Masih banyak aspek lain yang dapat dikenakan pajak atau dinaikkan pajaknya sebagai subsidi karena pajak motor dihapuskan. Misalnya pajak kendaraan mewah, barang dan properti mewah ataupun sektor lainnya. Hal ini kan juga baik agar pemerataan dapat terjadi,” tandasnya.[sas]

 

J

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Politik

Waketum PAN Sebut Klaim Dukungan 30 DPW ke Zulhas Tak Akurat

Published

on

Mulfachri Harahap / Net
Continue Reading

Politik

Minta Pendukungnya Jaga Keutuhan Partai Golkar, Bamsoet : Tak Ada Perjuangan yang Berakhir Sia-sia

Published

on

Continue Reading

Hukum

PKS Pertanyakan Alasan Kasihan di Balik Grasi Annas Maamun

Published

on

Continue Reading




Loading…