Connect with us

Pilkada 2020

Bawaslu Rembang Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2020

Published

on

Realitarakyat.com – Dalam menghadapi persiapan Pilkada Rembang 2020 mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rembang membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam)

Ketua Bawaslu Totok Suparyanto menjelaskan mekanisme seleksi Panwascam Pilkada tidak jauh berbeda dengan seleksi-seleksi sebelumnya, untuk persyaratan, jadwal dan ketentuan lainnya bisa diunduh di laman resmi Bawaslu Rembang atau langsung ke kantor Bawaslu untuk mendapatkan informasi.

Dalam proses seleksi Totok menegaskan tes tertulis nantinya tidak menggunakan sistem gugur namun nilai dari tes tulis diakumulasikan dengan tes wawancara. Dengan mekanisme penilaian 30 persen untuk nilai tes tulis dan 70 persen untuk wawancara sampai terpilih tiga orang untuk masing-masing kecamatan sehingga total Panwascam yang akan dipilih berjumlah 42 se-Kabupaten Rembang.

“Untuk tes tulis nanti sistemnya tidak manual naun menggunakan CAT (Computer Assisted Test),” ungkapnya. Sabtu (16/11/2019)

Totok menambahkan honor untuk Panwascam Pilkada 2020 nanti untuk ketua sebesar Rp1,6 juta dan anggota Rp1,4 juta atau lebih rendah dari Panwascam Pilpres 2019 kemarin yaitu untuk ketua sebesar Rp1,8 juta. Masa kerja Panwascam Pilkada selama sebelas bulan terhitung saat dilantik yaitu tanggal 22-23 Desember 2019 mendatang.

Hal tersebut diakui oleh Totok karena basis anggaran yang digunakan berbeda. Jika Pilpres menggunakan APBN maka Pilkada menggunakan APBD sehingga jumlah yang didapat oleh Panwascam lebih sedikit.

“Karena Pilkada kan menggunakan APBD, ya lebih kecil dari kemarin mas,” ucapnya

Dalam masa pengumuman pendaftaran Panwascam, pihak Bawaslu memaksimalkan sosialisasi lewat media sosial, laman resmi Bawaslu, dan juga meminta bantuan pihak kecamatan untuk menempel pengumuman serta meneruskannya ke pihak desa agar banyak masyarakat yang ikut dalam pelaksanaan seleksi Panwascam.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Meski Sudah Ambil Formulir, Ginda Belum Pastikan Akan Daftarkan Diri di Pilkada Solo

Published

on

Ginda Ferachtriawan / Net
Continue Reading

Pilkada 2020

Kata Airlangga, Golkar Ingin Canangkan Pilkada 2020 Tanpa Mahar

Published

on

Continue Reading

Pilkada 2020

Metode Pemungutan Suara Pemilu Perlu Dievaluasi

Published

on

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum RI, Abhan / Net
Continue Reading




Loading…