Connect with us

Hukum

Kabareskrim Baru Harus Sosok Profesional Bukan Kedekatan Pribadi

Published

on

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis / Net

Realitarakyat.com – Kapolri Jenderal Idham Azis harus memilih Kabareskrim baru berdasarkan profesionalitas, kapasitas, dan kapabilitas yang dimilikinya. Bukan karena ada kedekatan pribadi dengan pihak tertentu.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Tafkir PP Persatuan Islam (Persis), Muslim Mufti dalam keterangannya, Jumat (15/11/2019).

“Penunjukan Kabareskrim harus berdasarkan profesionalitas, kapasitas, dan kapabilitas tanpa mempertimbangkan sentimen personal apapun,” kata Muslim melalui siaran pers PP Persis, Jumat.

Menurutnya seorang Kabareskrim harus memiliki karir yang baik di bidang reserse. Hal itu penting karena dengan pengalaman yang matang, maka berbagai kasus besar diharapkan dapat diselesaikan dengan baik.

“Apabila sosok tersebut mempunyai integritas dan pengalaman matang di bidang reserse, maka kami yakin dan punya harapan kasus-kasus besar akan bisa diselesaikan dengan baik,” katanya.

Ia menambahkan bahwa penyelesaian kasus-kasus tersebut tergantung dari kemampuan sosok Kabareskrim.

Ia mencontohkan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan dan masih maraknya pungli di berbagai daerah adalah kasus yang harus segera diselesaikan.

“Kasus penuntasan Novel Baswedan dan jaminan kelancaran investasi di berbagai daerah supaya tidak ada hambatan, pungli dan sejenisnya,” katanya.

Khusus untuk kasus Novel, ia meminta agar penyelesaiannya diprioritaskan karena banyak pihak yang berharap Polri mampu segera mengungkap kasus tersebut.

Ia juga berpesan agar Kabareskrim yang baru dapat mengubah stigma di masyarakat yang menganggap bahwa perlakuan hukum kepada masyarakat kelas atas berbeda dengan masyarakat kelas bawah.[ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Korupsi Rp 146 Miliar, Kades Perempuan di Deli Serdang Dihukum 4 Tahun Penjara

Published

on

Continue Reading

Hukum

PKS Pertanyakan Alasan Kasihan di Balik Grasi Annas Maamun

Published

on

Continue Reading

Hukum

Gerindra Sebut Langkah Jokowi Beri Grasi ke Annas Maamun Sudah Tepat

Published

on

Continue Reading




Loading…