Connect with us

Ragam

Gaji Guru Honorer Diupayakan Diambil dari Dana Pendidikan

Published

on

Demo guru honorer beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Gaji bagi 800.000 guru honorer yang tersebar di seluruh Indonesia, masih menjadi persoalan serius yang belum terselesaikan. Karenanya, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengupayakan agar gaji guru honorer tidak hanya diambil dari dana bantuan operasional sekolah atau BOS.

“Sebab, dana tersebut tidak cukup. Karena itu, Kementerian PMK saat ini tengah membahas bersama dengan Kementerian Keuangan, agar gaji guru honorer juga bisa diambil dari alokasi dana pendidikan,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Dikatakan, pihaknya sedang bicara dengan Kemenkeu terkait kemungkinan guru honorer digaji dari dana alokasi yang diperkirakan untuk pendidikan. Jadi tidak hanya diambilkan dari BOS yang sangat sedikit dan tidak memadai bagi guru honorer.

“Banyak masalah harus kita tangani bersama antara daerah dan pusat, terutama masalah guru dan honorer,” ujarnya. Pada kesempatan tersebut, Menko PMK juga memastikan akan menambah jumlah politeknik dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang akan difokuskan pada jurusan Politeknik.

Selain itu, pemerintah akan berupaya dalam kerja sama industri dan perbaikan kurikulum. Sehingga ketika pada tahap lulus dan memasuki usia produktif, maka seluruh siswa sudah siap memasuki lapangan kerja.

“Pemerintah sendiri akan menambah lapangan pekerjaan yang produktif. Berbagai investasi didatangkan di Indonesia untuk memberi ruang cukup. Khususnya bagi usia produktif Indonesia, agar bisa bekerja di tempat yang juga produktif,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

Faktor Kunci Pemberantasan Korupsi, Fadli Zon: Parlemen Berperan Tingkatkan Budaya Integritas

Published

on

Wakil Ketua DPR-RI, Fadli Zon dan rombongan disambut Ketua Parlemen Qatar, HE Ahmed bin Abdullah bin Zaid al Mahmoud, di gedung Parlemen Qatar, Minggu (21/01/2018). (foto: ist/net/dok Humas DPR)
Continue Reading

Ragam

Ratusan Warga Bekasi Jaya Ikuti Tabligh Akbar Mamah Dedeh

Published

on

Dok Realitarakyat
Continue Reading

Ragam

Kesepakatan Dagang AS-China Dongkrak Harga Minyak Mentah November

Published

on

Continue Reading




Loading…