Connect with us

Ragam

Sertifikasi Nelayan untuk Penuhi Kepentingan Pasar

Published

on

Nelayan tradisional. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com –  Rencana sertifikasi nelayan yang akan didorong oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, ditujukan untuk memenuhi kepentingan pasar perikanan. Khususnya Eropa, Amerika, dan Jepang.

“Dalam konteks ini, yang perlu disertifikasi oleh KKP adalah pelaku perikanan skala besar. Yakni yang menggunakan kapal di atas 30 GT,” kata Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Susan Herawati, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, daripada merencanakan sertifikasi nelayan, KKP seharusnya menjalankan mandat penting. Apalagi, mandat itu telah ditetapkan oleh Undang-Undang No. 7 Tahun 2016.

UU tersebut adalah tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam. Dimana dalam UU No. 7 Tahun 2016 merupakan aturan yang sangat penting, dalam rangka melindungi dan memberdayakan nelayan, pembudidaya ikan, dan petambak garam.

Namun, sampai dengan tahun 2019 KKP belum memiliki aturan turunan. Kecuali Peraturan Menteri KP No. 18 Tahun 2018 tentang Jaminan Perlindungan Atas Risiko Kepada Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam.

Berdasarkan hal tersebut, Kiara menilai bahwa setelah tiga tahun diberlakukannya UU N0. 7 Tahun 2016, KKP tidak bekerja serius untuk melindungi dan memberdayakan nelayan.

“Ironisnya, ditengah ketidakseriusan bekerja, KKP malah berencana melakukan sertifikasi nelayan. Ini adalah fakta penting yang perlu menjadi perhatian menteri baru,” tukasnya.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Tak Ingin Disalahgunakan, 7 PPIU Temui Aparat Penegak Hukum

Published

on

Gerakan Kemanusiaan Memberangkatkan Umrah Korban Penipuan Travel. (Foto: Ist)
Continue Reading

Ragam

Faktor Kunci Pemberantasan Korupsi, Fadli Zon: Parlemen Berperan Tingkatkan Budaya Integritas

Published

on

Wakil Ketua DPR-RI, Fadli Zon dan rombongan disambut Ketua Parlemen Qatar, HE Ahmed bin Abdullah bin Zaid al Mahmoud, di gedung Parlemen Qatar, Minggu (21/01/2018). (foto: ist/net/dok Humas DPR)
Continue Reading

Ragam

Ratusan Warga Bekasi Jaya Ikuti Tabligh Akbar Mamah Dedeh

Published

on

Dok Realitarakyat
Continue Reading




Loading…