Connect with us

Headline

Komisi IX Siap Bentuk Panja Bila Iuran BPJS Tetap Naik

Published

on

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI Saleh Partaonan Daulay. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya masih mencari cara agar iuran BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri tidak naik. Namun jika iuran tetap naik, maka ada kemungkinan Komisi IX akan membentuk Panitia Kerja (Panja).

“Kita akan lihat dulu peluang-peluang yang tersedia. Akan tetapi, yang jelas DPR RI akan tetap mengupayakan bagaimana agar iuran untuk peserta mandiri tidak jadi dinaikkan,” katanya, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, Panja soal iuran akan membongkar berapa sebetulnya yang paling ideal. Selain itu, mengapa pemerintah tidak bergeming sama sekali untuk menurunkan atau tidak jadi menaikkan.

“Kalau Panja yang dibuat Komisi IX DPR RI tidak maksimal, masih mungkin untuk membuat Panitia Khusus (Pansus) lintas komisi. Dalam hal ini setidaknya nanti ada Komisi VIII, ada Komisi IX dam ada Komisi XI,” ujar politikus Partai Amanat Nasional itu.

Dia menambahkan, Komisi VIII berwenang pada masalah pendataan, Komisi IX masalah pelayanan yang ada di BPJS, Komisi XI terkait dengan pembiayaan dan keuangan. Dikatakan, Panja maupun Pansus merupakan pilihan jangka panjang.

“Karena untuk membuat Panja tidak bisa tiba-tiba ada hasilnya. Pasti butuh waktu. Sementara, waktu untuk implementasi Perpres ini adalah 1 Januari 2020,” tandasnya. Dalam kesempatan itu, dia meminta pemerintah melaksanakan tanggungjawabnya kepada fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada.

Antara lain seperti rumah sakit yang bekerja sama dengan pemerintah. Kewajiban yang harus segera dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan adalah membayar defisit sekitar Rp 21 triliun. Diperkirakan, defisit sampai akhir tahun 2019 mencapai Rp 32 triliun hingga Rp 33 triliun.

“Sebenarnya yang kita inginkan dari pemerintah adalah melaksanakan hasil rekomendasi-rekomendasi panitia kerja sebelumnya, yang telah digelar Komisi IX,” tegasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

UN Dihapus, Generasi Muda Indonesia Bakal Jadi Lembek

Published

on

Continue Reading

Headline

Kata SBY, Partai Demokrat Akan Ada Selamanya

Published

on

Continue Reading

Daerah

Jadi Kurir dan Germo, NB dan NS Jadi Tersangka

Published

on

Kapolsek Kelapa Lima AKP Andri Setyawan. (Foto: realitarakyat.com/Redemtus L)
Continue Reading




Loading…