Connect with us

Headline

Kartu Prakerja Siapkan Angkatan Kerja Baru

Published

on

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan, fokus rapat terbatas terkait kartu prakerja adalah mempersiapkan angkatan kerja baru. Hal itu agar bisa diserap dengan kebutuhan di dunia kerja atau bahkan kalau bisa, menciptakan lapangan kerja baru sebagai pengusaha.

“Untuk menunjang hal tersebut, dalam APBN 2020, pemerintah sudah mengusulkan anggaran Kartu Prakerja sebesar Rp 7,81 triliun, yang akan dialokasikan untuk pelatihan, sertifikasi, insentif dan pengisian survei berjenjang yang terbagi menjadi akses digital dan reguler,” katanya dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Total anggaran untuk akses digital sebanyak Rp 3,98 triliun  dengan target 1,5 juta orang. Secara rinci, akses digital (skilling/reskilling) terdiri atas anggaran pelatihan sebesar Rp 2 juta, insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan dan pengisian survei sebesar Rp 150 ribu.

Presiden menjelaskan, total anggaran untuk akses reguler sebesar Rp 3,83 triliun, yang terdiri atas skilling sebesar Rp 3,06 triliun dengan target 400 ribu peserta. Adapun untuk reskilling sebesar Rp 765 miliar dengan target 100 ribu peserta.

Sementara, rincian untuk akses reguler skilling terdiri atas pelatihan sebesar Rp 6,1 juta, sertifikasi sebesar Rp 900 ribu, insentif Rp 500 ribu per bulan dan pengisian survei berjenjang sebesar Rp 150 ribu.

Sedangkan untuk akses reguler reskilling terdiri atas pelatihan dengan anggaran Rp 6,1 juta, sertifikasi sebesar Rp 900 ribu, insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan dan pengisian survei berjenjang sebesar Rp 150 ribu.

“Penerima Kartu Prakerja adalah individu yang baru lulus/kuliah namun belum mendapatkan pekerjaan, individu yang sudah bekerja tetapi ingin mendapatkan kemampuan tambahan dan individu yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan ingin mencari pekerjaan baru,” paparnya.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Headline

Didukung 30 DPW, Zulhas Diprediksi Pimpin Kembali PAN

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Erick Thohir Berhentikan Jajaran Direksi Garuda yang Terlibat Penyelundupan Harley

Published

on

Continue Reading

Headline

Kesetiaan Seorang Profesional Ada Pada Profesi, Bukan Institusi

Published

on

Ilustrasi (Net)
Continue Reading




Loading…