Connect with us

Daerah

Ini Syarat Khusus CPNS Daerah 2019 di Kabupaten TTS

Published

on

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Timor Tengah Selatan Linda Fobia. (Foto: realitarakyat.com/Simron Yerifrans)

Realitarakyat.com – Kabupaten Timor Tengah Selatan memperoleh  kuota Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah tahun 2019 sebanyak 348 formasi, yang diprioritaskan bagi putra-putri daerah. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Timor Tengah Selatan Nomor BKPP.803/1037/3/2019.

“Persyaratan Khusus  Nomor 1 adalah diutamakan bagi putra-putri daerah. Yaitu, pelamar adalah Warga Negara Indonesia yang berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan. Persyaratan Khusus 1 Poin A menyebut ketentuan berdomisili atau lahir di Kabupaten TTS, yang dibuktikan dengan alamat pada E-KTP atau Surat Keterangan (Suket) penggati E- KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupten TTS,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten TTS Linda Fobia, Selasa  (12/11/2019).

Adapun dalam Persyaratan Khusus No 1 Poin B menyebut ketentuan berikutnya adalah orang tua (bapak/ibu kandung) berasal  dari TTS. Hal itu dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran. Dikatakan, Akte Kelahiran bisa digunakan untuk mengetahui bila ada peserta  berasal dari Kabupaten TTS, namun namanya tidak tercatat di KK orang tuanya.

Tidak tercatatnya nama salah satunya karena dia sudah berdomisili di wilayah lain  dan memiliki KTP dan KK sendiri di daerah tersebut. “Karena jelas bahwa Akte Kelahiran itu ada nama orang tuanya yang kita bisa lihat. Jika KK orang tuanya berdomisili di wilayah Kabupaten TTS, maka dia bisa mendaftar,” ujarnya.

Jadi, lanjutnya, dia boleh berdomisili di mana saja. Akan tetapi kalau orang tua tinggal di TTS dan memiliki KK yang dibuktikan dengan Akte Kelahiran, maka yang bersangkutan bisa mendaftar. Atau misalnya, orang tuanya berdomisili di luar  TTS tetapi yang bersangkutan memiliki KTP  di wilayah Kabupaten TTS, maka yang bersangkutan bisa mendaftar.

 

Surat Keterangan

Sedangkan bila yang bersangkutan belum memiliki e-KTP, maka bisa dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil TTS, untuk bisa membuktikan bahwa yang bersangkutan memang berdomisili di TTS.

Linda menambahkan, alasan memprioritaskan anak asli daerah adalah untuk mengantisipasi peserta yang diterima, meminta pindah di kemudian hari meski baru satu atau dua tahun bekerja.

Sementara untuk formasi dokter umum dan dokter gigi tidak dikenakan syarat khusus. “Jadi, dari daerah mana saja boleh mendaftarkan diri. Karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ada 22 formasi dokter yang harus kita korbankan karena memang tidak ada pelamar waktu itu. Oleh karena itu, kita tidak mau lagi untuk tenaga kesehatan lowong karena sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Formasi CPNS tahun 2019 tenaga pendidikan sebanyak 194, tenaga kesehatan sebanyak 83, tenaga teknis sebanyak 7 orang. Sementara, khusus untuk dokter yang dibutuhkan pada tahun 2019 ini sebanyak 19 orang, dengan rincian15 dokter umum dan 4 orang dokter gigi.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Sejumlah Pabrik Lakukan PHK, Banyak Buruh di Sragen Jadi Pengangguran

Published

on

ilustrasi/net
Continue Reading

Daerah

Judi Kiu-kiu, Satu Warga Kedawung Diburu Polisi

Published

on

Continue Reading

Daerah

50 Napi Narkoba dari Jakarta Dipindah ke Rutan Wonogiri

Published

on

Continue Reading




Loading…