Connect with us

Daerah

Angka Stunting di Cirebon Naik

Published

on

Ilustrasi stunting. (Net)

Realitarakyat.com – Jumlah balita yang mengalami kekurangan gizi kronis atau stunting di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengalami peningkatan. Pada 2018 stunting berada di angka 8,68 persen dan tahun ini naik menjadi 9,01 persen.

 

“Kalau jumlahnya, sekitar 15 ribu lebih balita yang mengalami stunting,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Edi Susanto, Rabu (13/11/2019).

 

Dia mengatakan, kenaikan jumlah prosentase tersebut didasarkan pada hasil penimbangan Bulan Balita pada Februari dan Agustus lalu. Dari hasil tersebut, terdeteksi bahwa jumlah balita yang terkena stunting meningkat.

 

“Akurasi peralatan medis dan ketrampilan para kader serta tenaga kesehatan pemeriksa stunting turut berperan dalam deteksi dini balita yang terkena stunting. Ada tiga upaya untuk menangani kasus stunting,” ujarnya.

 

Yakni melalui pola asuh, pola makan dan sanitasi air bersih. Hal tersebut bisa dilakukan secara konvergen dengan dinas terkait lainnya. Seperti diketahui, stunting adalah suatu keadaan dimana anak balita gagal tumbuh sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun.

 

Hal itu diakibatkan kekurangan gizi kronis, hingga menyebabkan tinggi badan tidak sesuai dengan umurnya. Namun, stunting berbeda dengan anak kerdil atau cebol. Karena, kerdil disebabkan oleh kelainan kromosom atau sel akibat kekurangan yodium.[sas]

 

Balita, yang mengalami, kekurangan gizi kronis, stunting, \mengalami peningkatan, jumlahnya sekitar 15 ribu lebih, balita, yang mengalami stunting,

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Ini Janji Dua Balon Bupati Sukoharjo Terkait PT RUM

Published

on

Continue Reading

Daerah

Korupsi Rp 146 Miliar, Kades Perempuan di Deli Serdang Dihukum 4 Tahun Penjara

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sejumlah Pabrik Lakukan PHK, Banyak Buruh di Sragen Jadi Pengangguran

Published

on

ilustrasi/net
Continue Reading




Loading…