Connect with us

Nasional

Pemilihan Kabareskrim Jangan Politis

Published

on

Pengamat pertahanan dan keamanan Shiskha Prabawaningtyas. (Foto: ist)

Realitarakyat.com – Meski hampir sepekan dilantik, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Idham Azis belum mengumumkan siapa pengganti dirinya sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Pertahanan dan Keamanan dari Universitas Paramadina, Shiskha Prabawaningtyas mengingatkan Kapolri untuk dapat memilih Kabareskrim berdasarkan kualitas dan kinerja, bukan karena politis. Hal tersebut dipaparkan Shiska bukan tanpa alasan.

“Karena posisi kabareskrim sangatlah fungsional untuk menegakkan aturan hukum di Indonesia. Aspek kompetensi, kapasitas, dan integritas menjadi kunci utama yang harus diperhatikan,” katanya, Kamis (7/11/2019).

Dia menjelaskan, berdasarkan amanah konstitusi UUD 1945, khususnya pasal 30 ayat 3, jelas disebutkan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta menegakkan hukum. Demikian pula UU Polri No 2 tahun 2002, khususnya pasal 2,4, dan 13, yang kembali menegaskan tentang fungsi dan tugas pokok Polri dalam penegakan, perlindungan, pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat.

“Dasar hukum ini tentu tidak bisa dilepaskan dari tuntutan reformasi dalam memastikan transisi demokrasi. Yaitu penegakan supremasi hukum, penghormatan HAM, dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN),” ujarnya.

Ia menambahkan, penerapan merit system dalam tubuh dan struktur kepolisian menjadi urgen dalam konteks meningkatkan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Terutama atas pemberantasan korupsi dan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

“Polri seharusnya bisa bersikap untuk tidak terjebak dalam pragmatisme politis dan mengedepankan profesionalitas institusi. Terutama maraknya gelombang kekhawatiran atas pelemahan fungsi KPK,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Wamenag Minta Aset First Travel Dikembalikan Ke Jemaah

Published

on

Wamenag Zainut Tauhid / Net
Continue Reading

Nasional

KY Gelar Seleksi Wawancara Empat Calon Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial pada MA

Published

on

Continue Reading

Nasional

Menteri Fahcrul Klaim Pecinta Celana Cingkrang

Published

on

Menteri Agama RI, Fahcrul Razi / Net
Continue Reading




Loading…