Connect with us

Nasional

Operasi TNI Tidak Hanya Andalkan Perang Konvensional

Published

on

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat, Bandung, Jawa Barat. (Foto: Puspen TNI)

Realitarakyat.com – Tentara Nasional Indonesia tengah mengembangkan konsep operasi masa kini, yaitu operasi multi dimensi. Operasi tersebut berbasis teknologi Network Centric Warfare.

“Operasi TNI tidak hanya mengandalkan metode peperangan konvensional semata. Akan tetapi pada saat yang sama, dibarengi dengan pelibatan Siber TNI, Puspen TNI, Intelijen, Teritorial, Satgas Dukungan dan upaya diplomasi,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019).

Hal itu disampaikannya di hadapan 566 Perwira Siswa Seskoad, Seskoal dan Seskoau tahun 2019. Menurut Panglima TNI, Network Centric Warfare adalah metode peperangan yang berbasis pada konektivitas jaringan komunikasi dan data secara real time, dari markas ke unit-unit tempur dan sebaliknya.

“Hal itu untuk mempercepat proses pengambilan keputusan komando, didasarkan pada data-data dan informasi terkini. Oleh karenanya, dibutuhkan dukungan teknologi tinggi untuk memiliki kemampuan Network Centric Warfare,” ujarnya.

Salah satunya adalah melalui program Interoperability Kodal, yang sudah diajukan ke Kementerian Pertahanan melalui mekanisme pengadaan alutsista luar negeri. Dikatakan, dalam konteks kekinian, Pusat Penerangan TNI tidak lagi hanya sebagai institusi penerangan masyarakat.

“Akan tetapi sudah harus berubah menjadi media warrior yang melaksanakan media warfare. Hal itu untuk memenangkan opini publik. Demikian juga dengan Siber TNI, Psikologi TNI dan Koopssus TNI yang melaksanakan operasi-operasi khusus,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Pilkada 2020 Dipastikan Tepat Waktu

Published

on

Ilustrasi (Net)
Continue Reading

Nasional

Jelang Desember, Tingkatkan Kewaspadaan Nasional  

Published

on

Ilustrasi (Net)
Continue Reading

Nasional

Wamenag Minta Aset First Travel Dikembalikan Ke Jemaah

Published

on

Wamenag Zainut Tauhid / Net
Continue Reading




Loading…