Connect with us

Fokus

Kader JKN Tak Digaji

Published

on

Kader JKN yang diterjunkan untuk tagih peserta BPJS Kesehatan yang menunggak lebih dari empat bulan. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Kader Jaminan Kesehatan Nasional yang diterjunkan untuk menagih peserta iuran BPJS Kesehatan yang menunggak lebih dari empat bulan, ternyata tidak menerima gaji. Sebab, hubungan antara BPJS Kesehatan dengan 3264 Kader JKN adalah kemitraan.

“Kader JKN mendapatkan hasil berdasarkan prosentase prestasi kerjanya dan bukan diberi gaji bulanan. Kader JKN bisa menagih dan ada target yang diberikan kepada mereka,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf, Senin (4/11/2019).

Para Kader JKN yang diterjunkan, mengantongi data dari BPJS Kesehatan tentang peserta yang menunggak lebih dari empat bulan. Adapun peserta yang menunggak kurang dari empat bulan, akan dihubungi oleh BPJS Kesehatan melalui telepon maupun pesan pendek.

“Karena kalau masih baru menunggak, lebih mudah diingatkan. Bisa saja, para peserta tersebut memang lupa sehingga lalai membayar. Berbeda dengan peserta yang harus didatangi, karena selain tunggakannya lebih besar juga tidak efektif bila dihubungi melalui telepon atau pesan pendek,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan bahwa diterjukannya Kader JKN bukan sebuah wacana, karena sudah dilakukan sejak akhir 2017. Penerjunan Kader JKN juga berdasarkan kajian riset pengembangan BPJS Kesehatan dimana masyarakat harus disadarkan.

“Pendekatan yang dilakukan oleh Kader JKN adalah bagaimana melakukan pendekatan secara edukatif dan persusasif kepada masyarakat. Sayangnya, Kader JKN justru dianggap sebagai debt collector yang menggunakan cara-cara yang tidak baik dalam mengejar tagihan,” sesalnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Fokus

Kader JKN Berasal Dari Masyarakat Sekitar

Published

on

Kader JKN usai ikuti pelatihan. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Fokus

BPJS Perlu Miliki Profil Penunggak Iuran

Published

on

Ilustrasi BPJS Kesehatan/Ist.
Continue Reading

Fokus

Kader JKN Bukan Debt Collector

Published

on

BPJS Kesehatan (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…