Connect with us

Fokus

Kader JKN Berasal Dari Masyarakat Sekitar

Published

on

Kader JKN usai ikuti pelatihan. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Kader Jaminan Kesehatan Nasional yang salah satu tugasnya adalah menagih iuran peserta BPJS Kesehatan yang menunggak lebih dari empat bulan, dipilih dari masyarakat setempat dan bukan dari orang luar. Selain itu, ada kriteria bagaimana seseorang dapat menjadi Kader JKN.

“Antara lain, bagaimana mereka melakukan edukasi pada masyarakat. Karena konteksnya bukan hanya sekedar menagih, melainkan menampung keluhan peserta dan juga pendaftaran peserta baru,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf, Senin (4/11/2019).

Selain itu, Kader JKN juga merupakan semacam pemasar sosial dan ditugaskan untuk menambah rekrutmen jumlah peserta mandiri. Mereka bertugas untuk menyambangi peserta yang menunggak.

“Saat pertama kali didatangi, mungkin ada sebagian masyarakat yang tidak siap membayar. Namun dengan bertemu, maka ada tanggung jawab soal pembayaran iuran. Karena jika ada peserta yang menunggak, maka tidak baik bagi peserta yang lain,” ujarnya.

Dikatakan, Kader JKN juga harus menggunakan pendekatan kultural kepada masyarakat. Apalagi, tantangan di masyarakat atas keberadaan 3264 Kader JKN cukup luar biasa

“BPJS Kesehatan memberikan data peserta yang sudah menunggak di atas empat bulan. Karena, perserta tersebut sudah resisten dan susah dihubungi, sehingga kami perlu terjunkan kader ke lapangan,” paparnya.[sas]

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Fokus

Kader JKN Tak Digaji

Published

on

Kader JKN yang diterjunkan untuk tagih peserta BPJS Kesehatan yang menunggak lebih dari empat bulan. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Fokus

BPJS Perlu Miliki Profil Penunggak Iuran

Published

on

Ilustrasi BPJS Kesehatan/Ist.
Continue Reading

Fokus

Kader JKN Bukan Debt Collector

Published

on

BPJS Kesehatan (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…