Connect with us

Daerah

Kemarau Panjang Paksa Ibu-ibu Cuci dan Mandi di Kali Hitam

Published

on

Sungai Cilemahabang yang airnya menghitam dan berbau. (Foto: Ist/net)

Realitarakyat.com – Kemarau panjang memaksa warga Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memanfaatkan air Kali Cilemahabang untuk mencuci dan mandi. Padahal, kali tersebut telah tercemar limbah perusahaan.

“Mau gimana lagi? Kemarau menyebabkan pasokan air bersih minim. Air bersih di sini hanya cukup untuk masak aja saat musim kemarau panjang gini,” kata salah seorang warga setempat bernama Masrikoh (39), Minggu (3/11/2019).

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari sejumlah tetangga, pencemaran di sungai itu sudah relatif parah. Bahkan disebutkan bahwa sungai tersebut sudah tercemar limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Namun dia bersama para ibu di desanya mengaku tidak memiliki pilihan lain, selain tetap mencuci di tepi sungai. Bahkan, sungai tersebut kini tenar disebut warga dengan istilah kali hitam atau sungai hitam, karena perubahan warnanya itu.

“Jadi, mau tidak mau setiap hari kita tetap cuci baju di sungai hitam ini. Dikucek, nanti sampai rumah dibilas lagi,” tuturnya. Berdasarkan pantauan realitarakyat.com, bau menyengat memang tercium dari sungai yang menghitam itu.

Diketahui, Sungai Cilemahabang berhulu pada Sungai Cikeas, Bogor dan tergabung pada kanal Cikarang-Bekasi-Laut, yang menyatu dengan Sungai Cileungsi hingga akhirnya bermuara di Tarumajaya.[sas]

 

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Cara Promosi Kab Bekasi Melalui Videotron

Published

on

Videotron / Net
Continue Reading

Daerah

Hilang 11 Hari, Petani Ditemukan Tewas Di Kebun Bambu

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

Tolak Pergantian Nama Bandara, Ribuan Warga Gelar Aksi di DPRD NTB

Published

on

Continue Reading




Loading…