Connect with us

Fokus

Kader JKN Bukan Debt Collector

Published

on

BPJS Kesehatan (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bukanlah debt collector. Sebab mereka membantu menjadi jembatan antara BPJS Kesehatan dengan masyarakat atas kendala yang terjadi di fasilitas kesehatan.

“Kader JKN memang diterjunkan untuk kondisi peserta mandiri yang mengalami durasi menunggak di atas empat bulan. Sehingga perlu didatangi ke rumah dengan sopan dan dengan cara-cara yang baik,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf, Minggu (3/11/2019).

Menurutnya, Kader JKN jauh berbeda dengan debt collector. Karena mereka menggunakan pendekatan persuasif dengan mendatangi peserta BPJS Kesehatan mandiri yang menunggak di atas empat bulan.

“Tugas mereka adalah mengingatkan warga untuk melunasi iuran dan menerima keluhan seputar pelayanan BPJS Kesehatan. Bahkan, Kader JKN juga menerima pendaftaran kepesertaan baru,” ujarnya.

Dia menjelaskan, status Kader JKN adalah kemitraan, sama dengan ojek online. Dikatakan, penagihan merupakan salah satu kewenangan dari BPJS Kesehatan.

“Karenanya, masyarakat harus menyadari bahwa BPJS Kesehatan bersifat gotong royong dan iuran harus dibayarkan setiap bulan,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Fokus

Kader JKN Berasal Dari Masyarakat Sekitar

Published

on

Kader JKN usai ikuti pelatihan. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Fokus

Kader JKN Tak Digaji

Published

on

Kader JKN yang diterjunkan untuk tagih peserta BPJS Kesehatan yang menunggak lebih dari empat bulan. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Fokus

BPJS Perlu Miliki Profil Penunggak Iuran

Published

on

Ilustrasi BPJS Kesehatan/Ist.
Continue Reading




Loading…