Connect with us

Fokus

BPJS Perlu Miliki Profil Penunggak Iuran

Published

on

Ilustrasi BPJS Kesehatan/Ist.

Realitarakyat.com – Sebelum melakukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk menagih iuran, seharusnya BPJS Kesehatan memiliki profiling peserta yang menunggak. Karena, setidaknya ada dua kategori yang menunggak.

“Yang pertama adalah peserta yang menunggak karena tidak mampu. Sedangkan yang kedua adalah menunggak meski sebenarnya mampu namun tidak mau membayar iuran,” kata Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Daryatmo, Minggu (3/11/2019).

Dikatakan, bagi peserta yang tidak mampu, mau ditagih seperti apapun juga tidak akan mampu membayar iuran. Sehingga, YLKI merekomendasikan agar kepesertaannya dimigrasi ke Peserta Bantuan Iuran (PBI).

“Sedangkan untuk yang mampu namun tidak mau membayar, perlu dilakukan pendekatan. Sehingga, yang bersangkutan melakukan kewajibannya untuk membayar iuran,” ujarnya.

Dikatakan, YLKI tidak tahu sejauh mana keterlibatan pihak ketiga dalam menagih iuran ke rumah-rumah warga. Meski demikian, YLKI mengaku mendukung langkah BPJS untuk menagih peserta yang mampu namun enggan membayar.

“Iuran peserta mandiri BPJS Kesehatan menjadi salah satu problem yang dialami oleh BPJS Kesehatan. Karena, tingkat kepatuhannya untuk membayar iuran hanya sekitar 40 persen. Sehingga, harus ada langkah yang dilakukan oleh BPJS,” tandasnya.[sas]

 

 

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Fokus

Kader JKN Berasal Dari Masyarakat Sekitar

Published

on

Kader JKN usai ikuti pelatihan. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Fokus

Kader JKN Tak Digaji

Published

on

Kader JKN yang diterjunkan untuk tagih peserta BPJS Kesehatan yang menunggak lebih dari empat bulan. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Fokus

Kader JKN Bukan Debt Collector

Published

on

BPJS Kesehatan (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…