Connect with us

Ekonomi

PKS Kritik Rencana Pemerintah Tambah Utang Baru

Published

on

Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Anggota Komisi XI DPR RI, Ecky Awal Mucharam, mengkritik rencana pemerintah untuk menambah hutang baru. Apalagi dengan alasan untuk proses peningkatan pembangunan dan ekonomi agar lebih baik.

“Pemerintah perlu untuk berhati-hati dalam manajemen utang. Terutama karena ada wacana bahwa pemerintah akan menambah utang lagi,” katanya di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Politisi dari Dapil Jawa Barat ini pun meminta kepada pemerintah untuk waspada terhadap utang yang semakin melonjak. Dimana defisit berdasarkan APBN 2020 ditargetkan mencapai Rp 307,2 triliun.

Angka tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan target APBN 2019, yaitu Rp 297 triliun. Menurutnya, hutang yang terus menumpuk dan tidak dikelola dengan baik justru dapat menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Serta membuat ekonomi Indonesia rentan akan external shock. Ketergantungan Indonesia akan utang ini salah satunya disebabkan oleh besarnya shortfall perpajakan. Pada tahun 2019 saja, diperkirakan akan terjadi shortfall sebesar Rp 143 triliun,” paparnya.

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini pun menilai, Indonesia belum bisa memaksimalkan potensi pendapatan perpajakan yang ada. Sehingga yang didapat belum optimal.

“Selama lima tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan penerimaan pajak Indonesia setiap tahunnya hanya sebesar 5,73 persen. Sangat jauh apabila dibandingkan pertumbuhan pada periode 2005-2009 yang mencapai 17,56 persen per tahun,” tukasnya.

Bilamana alasan hutang diperlukan untuk pembangunan, dirinya pun menambahkan bahwa defisir APBN selama ini masih bersifat tidak produktif, karena masih tingginya alokasi anggaran belanja yang tidak efisen serta potensi kebocoran berbagai belanja lainnya yang masih tinggi.[sas]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Kemenhub Kaji Rencana Penggunaan Bus Amfibi di Ibu Kota Baru

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Kementan Raih Penghargaan ‘Wilayah Bebas Korupsi’

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Erick Thohir Siapkan Ruang Kerja Kreatif Untuk Kaum Milenial

Published

on

Continue Reading




Loading…