Connect with us

Opini

Koordinasi Pertamina dengan Proyek Unggulan Pak Jokowi Lemah

Published

on

Pengamat Ekonomi Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia, Salamuddin Daeng / Net

KASUS meledaknya pipa bahan bakar Pertamina di jalur kereta cepat yang mengakibatkan jatuhnya korban tewas menunjukkan lemahnya koordinasi pertamina dengan proyek ugggulan presiden Jokowi.

Sebagaimana kita ketahui bangsa proyek kereta cepat merupakan proyek yang menjadi kebanggaan presiden Jokowi dan mencuat menjadi isue nasional yang paling mengemuka. Proyek ini menelan investasi yang sangat besar dan sumber daya yang besar.

Keberhasilan maupun kegagalan proyek ini akan menjadi bukti tentang pak Presiden Jokowi. Presiden sudah berhasil dalam proyek LRT, MRT dan tinggal satu lagi yang menjadi kebanggaan Jokowi adalah proyek kereta cepat. Jika proyek ini gagal maka hancuran wajah pemerintahan Jokowi.

Dengan demikian maka semua BUMN yang terkait secara langsung maupun yang wilayan atau tanah tanahnya terkena oleh jalur proyek ini mesti harus berkoordinasi dengan baik, melaporkan keberadaan aset aset mereka yang ada dalam jalur kereta cepat. Terutama sekali Jalur listrik, gas dan minyak dan telekomunikasi. Semua pihak yang terkait dengan itu harus berkoordinasi dan melaporkan aset mereka yang berpotensi terkena dampak.

Kasus ledakan pipa migas yang luar biasa dahsyat kemarin menunjukkan lemahnya koordinasi institusi terkait yakni pertamina terhadap pemerintah. Koordinasi ini haruslah diperbaiki ke depan. Jangan sampai masalah ini terulang lagi. Karena dapat mengancam keselamatan jiwa manusia. [***]

*Penulis adalah Pengamat Ekonomi Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Opini

Pelukan Kebangsaan MSI The Bridge Builder

Published

on

Continue Reading

Opini

Merayakan Musyawarah

Published

on

Continue Reading

Opini

Warga Indonesia di Suriah

Published

on

Continue Reading




Loading…