Connect with us

Hukum

Pelaku Kekerasan terhadap ART Telah Ditahan

Published

on

Korban Afra Burga Ambul bersama kuasa hukumnya, Hipatios Wirawan. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Pelaku kekerasan terhadap Afra Burga Ambul, telah ditangkap dan ditahan di Polsek Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (21/10). Pelaku bernama Freddy Burhan itu diduga telah menganiaya korban yang merupakan asisten rumah tangganya, beberapa hari lalu.

“Saudari Afra Burga Ambul menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh majikannya, Freddy Burhan. Apa yang dilakukan oleh majikannya itu dapat dikategorikan sebagai kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT,” kata kuasa hukum Afra, Hipatios Wirawan, saat dihubungi.

Dia juga telah melaporkan kasus kekerasan tersebut ke Polsek Cengkareng dan saat ini pelaku telah ditahan selama 20 hari ke depan. Menurutnya, pelaku disangkakan melanggar  UU No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU KDRT).

Adapun KDRT adalah setiap perbuatan terhadap seseorang – terutama perempuan – yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan Afra yang juga merupakan saksi korban, tindakan kekerasan telah terjadi sejak sembilan tahun yang lalu. “Saudari Afra telah bekerja selama sembilan tahun dan dia mengaku mendapat tindakan kekerasan dari majikannya. Namun, peristiwa itu tidak bisa dilaporkannya ke keluarga,” ungkapnya.

Hal itu karena selama bekerja bersama majikannya dia tidak diperbolehkan menggunakan telepon genggam. Selain itu, korban mengaku tidak pernah menerima gaji selama bekerja sembilan tahun.

“Selama selama tahun bekerja di rumah Freddy Burhan, saudari Afra kehilangan haknya untuk memperoleh upah, hingga kasus kekerasan ini terjadi,” ucapnya.

Penganiayaan yang dialaminya juga membuat korban yang berasal dari Kampung Gurung, Desa Sita, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur itu mengalami luka di bagian kepala. Pelaku menganiaya Afra di rumah miliknya, yang terletak di Jl. Utama Raya No. 33 Cengkareng, Jakarta Barat.

Kasus ini terungkap saat kerabat korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Hingga akhirnya, pelaku berhasil diamankan oleh Kepolisian Sektor Cengkareng.[sas]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

KPK Periksa Bekas Sekda Kota Medan

Published

on

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah
Continue Reading

Daerah

Pengemudi Pick Up Ditembak Orang Tak Dikenal

Published

on

Kasat Reskrim Polres Kupang Kota Iptu Bobby Jacob Mooy Nafi. (Foto: Ist)
Continue Reading

Hukum

Bos First Travel Ingin Ajukan PK

Published

on

Continue Reading




Loading…