Connect with us

Politik

Konflik Mega-SBY Penyebab Gagalnya Demokrat Dapat Jatah Menteri Kabinet

Published

on

Ilustrasi / Net

Realitarakyat.com – Peluang Partai Demokrat untuk mendapatkan jatah menteri dalam kabinet jilid II pemerintahan Presiden Joko WIdodo (Jokowi) sangat tipis

Demikian dikatakan, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, saat dihubungi awak media, Selasa (22/10/2019).

Menurut ganjalan Demokrat mendapatkan kursi menteri di kabinet, disinyalir karena Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri yang tidak memberikan.

“Hubungan SBY dan Megawati tidak pernah harmonis. Kedua tokoh ini sulit untuk disatukan sehingga ini mungkin menjadi ganjalan bagi Demokrat untuk mendapatkan jatah menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf,” ujar Adi.

Karena itu, Adi menjelaskan, Demokrat harus bisa menegaskan kembali posisinya di jalur oposisi supaya raihan suara partai tersebut kembali naik.

“Bagus jika Demokrat mau jadi oposisi. Itu juga untuk kebaikan Demokrat kedepannya. Apalagi suara Demokrat pada Pemilu 2019 hanya 7,77 persen di peringkat ke tujuh,” tukasnya.

Untuk diketahui, konflik di antara Megawati dan SBY berawal dari niat SBY maju Pilpres 2004. Saat itu, Megawati menjabat sebagai presiden. Sementara itu, SBY menjabat Menko Polhukam.

Singkat cerita, SBY pun mundur sebagai menteri kemudian mendeklarasikan Partai Demokrat. SBY kemudian maju sebagai capres bersama Jusuf Kalla lalu memenangi Pilpres 2004.

Saat itu, pasangan SBY-JK mengalahkan Megawati sebagai petahana yang berpasangan dengan tokoh Nahdlatul Ulama, Hasyim Muzadi.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Dipanggil BK, Willian Aditya Tak Ambil Pusing

Published

on

William Aditya PSI / Net
Continue Reading

Politik

Pencekalan Habib Rizieq, Ketua DPR: Nanti Saya Tanya Pak Mahfud

Published

on

Ketua DPR RI , Puan Maharani / Net
Continue Reading

Politik

Komisi II DPR Gelar Audiensi Dengan Masyarakat Papua

Published

on

Continue Reading




Loading…