Connect with us

TNI -POLRI

Komjen Ari Dono Jadi Plt Kapolri Gantikan Tito Karnavian

Published

on

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto / Net

Realitarakyat.com – Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri menggantikan Tito Karnavian.

Menurut Puan, Presiden Jokowi juga telah menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri menggantikan Tito.

“Presiden sudah menyampaikan yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri Pak Ari Dono sampai ditentukan lagi siapa pengganti kapolri,” ucap Puan di kompleks DPR/MPR Senayan, Selasa (22/10/2019).

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pemberhentian Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Hal ini dilakukan setelah DPR mendapat surat dari Presiden Jokowi yang meminta persetujuan pemberhentian Kapolri Tito Karnavian. Putusan penghentian Tito dilakukan dalam rapat paripurna kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Dalam rapat tersebut Ketua DPR Puan Maharani, awalnya membacakan peraturan untuk mengangkat dan memberhentikan Kapolri. “Sesuai dengan ketentuan Pasal 11 Ayat 1 dan 2 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia menyatakan bahwa, ayat 1, Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dengan persetujuan DPR,” ujar Puan.

“Ayat 2, usul pengangkatan Kapolri dan pemberhentian Kapolri diajukan oleh Presiden kepada DPR beserta alasannya,” lanjut dia.

Puan lalu menyampaikan alasan pengunduran diri Tito. Disebutkan Puan, Tito akan mengemban tugas negara dan pemerintahan. “Adapun alasan pengunduran diri karena yang bersangkutan akan mengemban tugas negara dan pemerintahan lainnya,” ucap Puan.

Puan sebagai pimpinan rapat lalu meminta persetujuan anggota dewan yang hadir atas Surat Presiden tentang Pemberhentian Kapolri tersebut.

“Untuk itu kami mohon persetujuan Dewan, apakah dapat disetujui?” tanya Puan. “Setuju,” jawab anggota Dewan yang hadir.[prs]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

TNI -POLRI

Polisi Telah Amankan 26 Terduga Teroris

Published

on

Ilustrasi (Ist)
Continue Reading

TNI -POLRI

Tak Ada Rencana Teror Di Bali

Published

on

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

TNI -POLRI

Panglima TNI Lantik 185 Perwira Karier TNI Tenaga Kesehatan

Published

on

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melantik dan mengambil sumpah 185 Perwira Prajurit Karier Khusus Tenaga Kesehatan TNI di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (15/11/2019). (Foto: Puspen TNI)
Continue Reading




Loading…