Connect with us

Hukum

Jadi Menkumham, Mahfud MD Harus Ungkap Kasus HAM Masa Lalu

Published

on

Calon Menteri di Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Mahfud MD / Net

Realitarakyat.com – Persoalan Hak Asasi Manusia akan menjadi tantangan utama Mahfud MD, jika memang dirinya diberikan kepercayaan sebagai Menteri Hukum dan HAM di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Demikian pendapat pengamat politik, Karyono Wibowo, menanggapi kabar yang beredar jika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu bakal mengisi pos Kemenkumham.

“Seandainya Mahfud MD Menkumham, diuji juga seberapa berani ungkap kasus-kasus HAM masa lalu. Ini memang tidak mudah juga, karena melibatkan banyak pihak,” kata Karyono kepada realitarakyat.com, Selasa (22/10/2019).

Meski rumit dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran HAM masa lalu, dirinya berharap Mahfud dapat menuntaskannya. Hal itu agar tidak menjadi sejarah buruk bangsa ini.

“Memang rumit, tapi harapan saya itu diselesaikan secepatnya,” kata dia.

Sebelumnya, Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mempertanyakan kemampuan Mahfud MD dalam menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu.

Hal itu disampaikan Deputi KontraS, Ferry Kusuma, terkait dengan pernyataan Mahfud yang siap menjadi menteri Jokowi usai dipanggil ke Istana.

“Kalau Pak Mahfud MD secara figur dia sangat memahami soal hukum. Cuma pertanyaan kita apakah Pak Mahfud cukup berani membongkar persoalan pelangggaran HAM berat masa lalu?” kata Ferry di Kantor KontraS, Jakarta Pusat, Senin kemarin.

Menurut Ferry, menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM masa lalu, tidak hanya butuh seseorang yang paham soal hukum. Lebih dari itu, dibutuhkan orang yang memiliki keberanian untuk menindak.

“Jadi harus dibuktikan oleh Pak Mahfud, kalau enggak, cacat kepakaran Pak Mahfud sebagai pakar hukum. Kalaupun langit akan runtuh hukum tetap harus ditegakkan, Pak Mahfud pasti paham,” kata dia. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Praperadilan Ditolak, Pengacara Imam Nahrawi Tetap Ngotot Sebut KPK Tak Punya Cukup Bukti

Published

on

Continue Reading

Hukum

Kejati DKI Ringkus Buronan Korupsi PLN Batubara

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

DPRD Kota Bekasi Dorong Anggaran KS Tetap Diaudit

Published

on

Kartu Sehat. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…